Kompas.com - 06/02/2018, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Koordinasi antarpemerintah daerah perlu ditingkatkan dalam mengatasi persoalan banjir yang terjadi di Jakarta. Pemprov DKI tak bisa bekerja sendiri dalam mengatasi persoalan ini.

Intensitas hujan yang tinggi di kawasan Bogor dan Jakarta yang terjadi pada Senin (5/2/2018) kemarin membuat Sungai Ciliwung meluap. Sejumlah lokasi di Jakarta pun tak dapat terelakkan dari banjir.

"Selain karena faktor alam yang memang agak luar biasa, saya kira dalam tiga tahun terakhir ini, dari sisi fisik upaya pengendalian sudah cukup baik ya," kata Ketua Umum Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Bernardus Djonoputro kepada Kompas.com, Selasa (6/2/2018).

Sungai Ciliwung diketahui memiliki hulu di dataran tinggi yang berada di perbatasan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. Sementara hilirnya berada di kawasan Teluk Jakarta.

Meski dari sisi pengendalian sudah cukup baik, Bernardus mengatakan, koordinasi pengendalian antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemprov Jawa Barat, Pemkot Bogor, dan Pemkab Bogor belum terlalu baik.

Masing-masing pemda memiliki agenda pengendalian tersendiri, yang seharusnya dapat dikomunikasikan agar lebih efektif dan efisien.

"Jadi kawasan Sungai Ciliwung-Cisadane dan Teluk Jakarta merupakan satu kesatuan wilayah. Ini yang menurut saya belum terlihat solid. Bogor masih sendiri, Jakarta sendiri," kata dia.

Bernardus menambahkan, beberapa waktu lalu sebenarnya telah dibentuk Badan Kerja Sama Jabodetabekpunjur.

Badan tersebut bertugas meningkatkan kerja sama antara wilayah DKI Jakarta dengan Kabupaten Bogor termasuk Puncak, Kota Depok, Kota dan Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota dan Kabupaten Bekasi, hingga Kabupaten Cianjur.

Namun, badan tersebut belum memiliki wewenang yang secara khusus mengatasi persoalan banjir sekaligus membuat langkah antisipasinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.