Basuki: Kalau Masih Ada Jembatan "Indiana Jones", Lapor ke Saya

Kompas.com - 26/01/2018, 09:00 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRMenteri PUPR Basuki Hadimuljono
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski pembangunan infrastruktur pada era Presiden Joko Widodo sangat masif, masih banyak ditemui daerah yang belum tersentuh.  

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan banyak daerah yang masih belum tersentuh pembangunan infrastruktur.

Bahkan, ada beberapa di antara daerah-daerah tersebut yang masih memanfaatkan jembatan gantung yang menghubungkan wilayah desa satu dengan desa lain yang dipisahkan oleh sungai atau kali. 

Di banyak lokasi, kata Basuki, masih banyak kasus ditemukan jembatan gantung ala "Indiana Jones".

Keberadaan jembatan seperti itu tentu akan sangat berbahaya bila dibiarkan. Jembatan itu menjadi satu-satunya jalur penghubung tercepat bagi anak-anak sekolah menuju sekolahnya.

“Jadi saya akan datangi itu, khususnya yang berkaitan dengan pendidikan. Jadi kalau masih ada anak-anak sekolah yang lewat jembatan masih bergelantungan seperti Indiana Jones, lapor ke saya, nanti saya akan perbaiki,” ujar Basuki dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (25/1/2018) malam.

Warga menyeberang jembatan gantung di Jalan Gardu, Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (23/01/2018). Pemerintah provinsi DKI Jakarta akan segera mengeksekusi pembangunan jembatan di Jagakarsa untuk menggantikan jembatan gantung yang sudah reyot dan tak aman.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Warga menyeberang jembatan gantung di Jalan Gardu, Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (23/01/2018). Pemerintah provinsi DKI Jakarta akan segera mengeksekusi pembangunan jembatan di Jagakarsa untuk menggantikan jembatan gantung yang sudah reyot dan tak aman.
Basuki meminta masyarakat juga berperan aktif di dalam melaporkan kondisi infrastruktur di wilayahnya.

Ia memastikan, pemerintah akan membantu masyarakat semaksimal mungkin bila masih ada infrastruktur yang kurang memadai.

“Saya minta kepada siapa pun kalau misalnya masih ada jembatan yang kurang layak, nanti saya datangi itu. Saya perbaiki,” ucapnya.

Untuk diketahui, pada 2015 lalu, pemerintah telah merampungkan pembangunan 10 unit jembatan gantung.

Sementara pada 2016 dan 2017, akumulasi jembatan gantung yang dirampungkan sebanyak 20 unit. 

Tahun ini, pemerintah berencana membangun 167 unit jembatan gantung.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X