Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Kalau Masih Ada Jembatan "Indiana Jones", Lapor ke Saya

Kompas.com - 26/01/2018, 09:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski pembangunan infrastruktur pada era Presiden Joko Widodo sangat masif, masih banyak ditemui daerah yang belum tersentuh.  

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan banyak daerah yang masih belum tersentuh pembangunan infrastruktur.

Bahkan, ada beberapa di antara daerah-daerah tersebut yang masih memanfaatkan jembatan gantung yang menghubungkan wilayah desa satu dengan desa lain yang dipisahkan oleh sungai atau kali. 

Di banyak lokasi, kata Basuki, masih banyak kasus ditemukan jembatan gantung ala "Indiana Jones".

Keberadaan jembatan seperti itu tentu akan sangat berbahaya bila dibiarkan. Jembatan itu menjadi satu-satunya jalur penghubung tercepat bagi anak-anak sekolah menuju sekolahnya.

“Jadi saya akan datangi itu, khususnya yang berkaitan dengan pendidikan. Jadi kalau masih ada anak-anak sekolah yang lewat jembatan masih bergelantungan seperti Indiana Jones, lapor ke saya, nanti saya akan perbaiki,” ujar Basuki dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (25/1/2018) malam.

Warga menyeberang jembatan gantung di Jalan Gardu, Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (23/01/2018). Pemerintah provinsi DKI Jakarta akan segera mengeksekusi pembangunan jembatan di Jagakarsa untuk menggantikan jembatan gantung yang sudah reyot dan tak aman.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Warga menyeberang jembatan gantung di Jalan Gardu, Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (23/01/2018). Pemerintah provinsi DKI Jakarta akan segera mengeksekusi pembangunan jembatan di Jagakarsa untuk menggantikan jembatan gantung yang sudah reyot dan tak aman.
Basuki meminta masyarakat juga berperan aktif di dalam melaporkan kondisi infrastruktur di wilayahnya.

Ia memastikan, pemerintah akan membantu masyarakat semaksimal mungkin bila masih ada infrastruktur yang kurang memadai.

“Saya minta kepada siapa pun kalau misalnya masih ada jembatan yang kurang layak, nanti saya datangi itu. Saya perbaiki,” ucapnya.

Untuk diketahui, pada 2015 lalu, pemerintah telah merampungkan pembangunan 10 unit jembatan gantung.

Sementara pada 2016 dan 2017, akumulasi jembatan gantung yang dirampungkan sebanyak 20 unit. 

Tahun ini, pemerintah berencana membangun 167 unit jembatan gantung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com