Kompas.com - 23/01/2018, 20:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Istora Senayan di Kompleks GBK Senayan, Jakarta, Selasa (23/1/2018). Dani Prabowo/Kompas.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Istora Senayan di Kompleks GBK Senayan, Jakarta, Selasa (23/1/2018).
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menjalani proses renovasi sejak September 2016, Istana Olahraga atau Istora di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (23/1/2018) sore.

“Ini yang keenam yang diresmikan Bapak Presiden dalam rangka penyiapan 14 venue di kawasan GBK ini,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Meski terlihat lebih modern, ia mengatakan, renovasi Istora Senayan tetap mempertahankan nilai-nilai warisan kebudayaan yang ada. Di antaranya kursi panjang yang terbuat dari kayu.

Kursi tersebut berada pada sayap kiri dan kanan di atas area VVIP. Hanya ada sekitar empat baris kursi pada masing-masing sisi.

Basuki menambahkan, tak hanya sebagai fasilitas olahraga, Istora juga akan dimanfaatkan sebagai lokasi perhelatan berbagai kegiatan seni dan pentas musik.

“Istora ini sebagai gedung serba guna, multi function. Nanti pada saat Asian Games 2018 akan digunakan untuk (arena) basket ball dan badminton,” tambah dia.

Selain penambahan kapasitas kursi dan fisik lapangan, sistem pencahayaan juga ditingkatkan yaitu dari 1.300 lux menjadi 2.000 lux.

Secara keseluruhan, Basuki mengatakan, renovasi Istora menghabiskan anggaran Rp 132 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.