Kompas.com - 23/01/2018, 13:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

TOKYO, KOMPAS.com – Ritel Jepang cenderung jauh dari hiruk-pikuk aksi tutup toko. Lantas apa jurus peritel Negeri Sakura untuk bertahan di tengah redupnya bisnis ritel?

Rupanya, faktor kunci menghadapi kelesuan ritel adalah penetapan harga jual produk. Peritel Jepang melihat harga lebih rendah sebagai hal penting untuk menarik konsumen Jepang yang dikenal hemat.

Peritel tersohor negara itu, Aeon, mengatakan, penurunan harga produk mereka mampu mendorong kenaikan penjualan pada 2017 silam.

Mereka juga telah mengumumkan rencana pemotongan harga pada 100 produk sehari-hari, dari roti hingga detergen. Rata-rata pemangkasan mencapai 10 persen harga saat ini.

"Kompetitor kami rajin memantau harga pesaing dan menurunkan harga mereka sebagai tindak lanjut,” ujar Presiden Aeon Retail Soichi Okazaki, dilansir Reuters, Senin (15/1/2018).

“Jika kami tidak melakukan hal yang sama, kami bisa kalah,” cetus dia.

Deflasi dipandang sebagai alasan utama ekonomi Jepang lambat pulih dari ledakan “gelembung ekonomi” pada era 1990-an.

Konsumen menahan diri untuk berbelanja dan perusahaan juga memotong harga, yang menimbulkan harapan bahwa harga akan terus turun.

Baca juga: Inikah Awal Runtuhnya Kedigdayaan Ritel Amerika Serikat?

Langkah menahan harga jual turut dilakukan Fast Retailing Co Ltd, produsen pakaian Uniqlo.

Peritel yang produknya mulai mengemuka pada era deflasi Jepang itu, belajar dari pengalaman pahit masa lalu mereka. Pada 2014, penjualan Uniqlo merosot setelah menaikkan harga produknya.

Halaman:
Sumber Reuters


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.