Kompas.com - 22/01/2018, 18:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota-kota termahal di dunia untuk bermukim telah terungkap dalam sebuah survei yang dilakukan terhadap hampir 300 pusat populasi yakni 14th Annual Demographia International Housing Affordability Survey: 2018.

Survei ini menganalisis 293 pasar perumahan metropolitan di sembilan negara yaitu Australia, Kanada, Hongkong, Irlandia, Jepang, Selandia Baru, Singapura, Inggris, dan Amerika Serikat pada kuartal III-2017.

Menggunakan pendekatan "median multiple" atau kelipatan rata-rata, yang melibatkan pengambilan harga median area dan membaginya dengan pendapatan rata-rata rumah tangga.

Jadi jika pendapatan rata-rata 50.000 dollar AS dan harga rata-rata rumah 250.000 dollar AS, nilai kelipatan rata-rata akan menjadi 5.

Metode ini menemukan 26 lokasi yang sangat tidak terjangkau, di Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Kanada, dan China. Berikut 12 di antaranya.

10. Tauranga, Western Bay of Plenty, Selandia Baru

Perumahan Selandia Baru ini sangat tidak terjangkau dengan nilai kelipatan rata-rata keseluruhan sebesar 5,8.

Di Tauranga, harga rata-rata rumah 8,9 kali dari pendapatan rata-rata.

9. Salinas, Monterrey, California, AS

Terletak di wilayah Monterrey, Salinas, sebuah kota berpenduduk kurang dari 150.000 memiliki nilai kelipatan rata-rata 9,1.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.