Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Selesai 14,5 Kilometer, Tol Lampung Diresmikan Jokowi

Kompas.com - 21/01/2018, 19:23 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 14,5 kilometer dari total 140,9 kilometer Jalan Tol Trans-Sumatera di Lampung.

Jalan tol ini mencakup Bakaheuni-Terbanggi Besar Paket 1 Bakauheni-Sidomulyo, yaitu Segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun (SS) Bakauheni sepanjang 8,9 kilometer serta Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru, yakni Segmen SS Lematang-SS Kotabaru sepanjang 5,6 kilometer.

Peresmian dilakukan di Gerbang Tol Bakauheni Selatan yang berjarak sekitar 4 kilometer dari Pelabuhan Bakauheni, Minggu (21/1/2018).

Jokowi mengatakan, pembangunan infrastruktur sangat fundamental atau mendasar bagi Indonesia agar bisa bersaing dengan negara-negara lain.

Ketersediaan infrastruktur di Indonesia, lanjut dia, masih kecil dibandingkan yang dimiliki negara-negara tetangga baik jalan, pelabuhan, airport dan pembangkit listrik sehingga menjadi fokus pembangunan nasional.

"Kenapa ini segera kita resmikan. Saya ingin mendorong agar (jalan tol) dari Bakauheni sampai Palembang bisa diselesaikan sebelum Asian Games itu berjalan. Memang masih panjang sekali, saya tahu masih ada masalah kecil-kecil, pembebasan lahan yang harus diselesaikan," tutur Jokowi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memberikan penjelasan terkait Tol Bakauheni-Terbanggi Besar kepada Presiden Joko Widodo. 14,5 kilomtere jalan tol ini diresmikan pada Minggu (21/1/2018).Biro Setpres Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memberikan penjelasan terkait Tol Bakauheni-Terbanggi Besar kepada Presiden Joko Widodo. 14,5 kilomtere jalan tol ini diresmikan pada Minggu (21/1/2018).

 

140,9 kilometer

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, kehadiran Tol Trans Sumatera bertujuan untuk menurunkan biaya logistik nasional selain Jalan Lintas Timur Sumatera yang sudah ada.

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan total panjang 140,9 kilometer progres konstruksinya sudah 65,65 persen dan progres pembebasan lahan 95,2 persen.

"Untuk Bakauheni-Terbanggi besar, saya optimis dapat terhubung Juli 2018. Kita dorong untuk terus ke Kayu Agung hingga ke Palembang juga bisa segera selesai," kata Basuki.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry TZ mengungkapkan, untuk ruas Tol Kayu Agung-Palembang progres pembebasan lahan hingga saat ini sudah di atas 90 persen. Sementara dari Terbanggi Besar ke Kayu Agung lahannya sudah bebas di atas 60 persen.

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar menelan investasi Rp 16,8 triliun.Biro Setpres Tol Bakauheni-Terbanggi Besar menelan investasi Rp 16,8 triliun.
Pembangunan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar terbagi dalam 4 paket yakni Paket 1 dari Bakauheni ke Sidomulyo sepanjang 39,40 kilometer, dengan kontraktor PT PP (Persero) Tbk.

Paket 2 dari Sidomulyo ke Kotabaru sepanjang 40,6 kilometer dengan kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Paket 3 dari Kotabaru ke Metro sepanjang 29 kilometer dikerjakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan paket 4 dari Metro ke Terbanggi Besar sepanjang 31,93 kilometer, dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Dari sisi pembiayaan, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar menelan investasi sekitar Rp 16,8 triliun yang dipenuhi dari porsi modal atau ekuitas sudah 52 persen dan 48 persen melalui skema pinjaman perbankan.

Pemenuhan ekuitas dilakukan melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) pada tahun 2015/2016 sebesar Rp. 2,2 trilun, serta melalui penerbitan obligasi PT Hutama Karya secara bertahap sebesar Rp. 6,5 triliun.

Sebagai simbol infrastruktur logistik Nasional, Presiden Jokowi menaiki truk untuk meninjau Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang diresmikan pada Minggu (21/1/2018).Biro Setpres Sebagai simbol infrastruktur logistik Nasional, Presiden Jokowi menaiki truk untuk meninjau Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang diresmikan pada Minggu (21/1/2018).
Sementara untuk kredit investasi, pada 27 Desember 2017 lalu, PT Hutama Karya telah menerima pinjaman dari sindikasi perbankan sebesar sekitar Rp 8 Triliun.

Selain itu PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) akan menyediakan stand-by loan untuk membantu perusahaan dalam melaksanakan kewajibannya apabila terjadi defisit cashflow selama masa operasi tol. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com