Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Tahun Lagi, Singapura dan Malaysia Tersambung MRT

Kompas.com - 17/01/2018, 17:30 WIB
Haris Prahara

Penulis

KompasProperti - Jiran Indonesia, yakni Singapura dan Malaysia, telah menandatangani perjanjian untuk mengoperasikan layanan mass rapid transit (MRT) antara kedua negara.

Seperti dilaporkan Business Insider, Rabu (17/1/2018), penandatanganan itu dilakukan langsung oleh Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak di Singapura, Selasa (16/1/2017).

Kedua negara itu bersepakat, apapun situasi politik yang terjadi, proyek infrastruktur tersebut tidak boleh terganggu.

Nantinya, MRT itu akan menyisir kawasan pinggiran Singapura hingga Johor Bahru di Malaysia. Jembatan setinggi 25 meter akan membantu MRT melintasi Selat Johor.

MRT Malaysiarazaklatif MRT Malaysia
Dengan kapasitas 10.000 penumpang per jam per arah, angkutan massal tersebut diharapkan memudahkan mobilitas penduduk kedua negara.

MRT Singapura-Malaysia dijadwalkan siap beroperasi pada Desember 2024. Estimasi kedatangan setiap kereta adalah selama delapan menit.

Pada masa konsesi pertama selama 30 tahun, Prasarana Malaysia Berhad dan SMRT akan bekerja sama dalam usaha patungan untuk mengoperasikan MRT Singapura-Malaysia.

Terkait proses imigrasi, kedua negara juga menyediakan fasilitas pengecekan di Bukit Chagar dan Woodlands North.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com