Masjid "Eco" Pertama di Eropa Turut Dibiayai Muslim Indonesia - Kompas.com

Masjid "Eco" Pertama di Eropa Turut Dibiayai Muslim Indonesia

Kompas.com - 15/01/2018, 20:00 WIB
Camridge MosqueCambridge Mosque Project Camridge Mosque

KompasProperti - Sebuah masjid bernilai 15 juta poundsterling (Rp 273 miliar) di Cambridge, Inggris, akan dibuka tahun ini.

Pembangunan masjid di Mill Road dimulai pada 5 September 2016 dan diperkirakan akan selesai pada November 2018.

Sumbangan untuk pembangunannya pun telah membanjiri Cambridge Mosque Trust dari ribuan umat Islam di Cambridge, Hongkong, Amerika Serikat, bahkan Indonesia,.

Masjid ini dilengkapi dengan area ibu dan anak yang kedap suara dan ruang perawatan wanita untuk terapi alami.

Selain itu, masjid tersebut juga dilengkapi fasilitas pemakaman Islam, kafe, sekolah Al Qur'an untuk anak-anak dan taman bagi penghuni.

Akan ada generator bertenaga surya di atap, fasilitas daur ulang air, pompa panas dan ventilasi pasif.

"Masjid Cambridge akan didedikasikan untuk kesejahteraan spiritual dan sosial dari sekitar enam ribu Muslim di kota ini," tutur sebuah pernyataan dari Cambridge Mosque Project.

Desain keseluruhan untuk situs ini berangkat dari konsep 'oasis' yang tenang. Masjid ini dapat menampung sebanyak 1.000 orang.

Ketua Cambridge Mosque Trust, Tim Winter, mencatat bahwa peradaban Islam melarang hal yang sia-sia sebagai refleksi syukur terhadap berkah Tuhan.

Gagasan ini sangat penting bagi prinsip di balik desain masjid.

"Dengan penekanan pada keberlanjutan dan ketergantungan pada energi hijau, Masjid Cambridge akan menjadi masjid eco pertama di Eropa dan tengara sejati untuk kota Cambridge dan penghuninya," kata Winter.

Masjid ini akan lebih baik dari persyaratan Peraturan Bangunan Bagian L untuk isolasi termal dan kedap udara.

Memiliki rating EPC A, masjid tersebut dinilai sebagai bangunan ibadah pertama yang sangat mendekati nol karbon alias eco friendly (ramah lingkungan).


EditorHilda B Alexander

Close Ads X