Ini Alasan Mengapa Anda Perlu Memisahkan Tabungan Uang Muka Rumah - Kompas.com

Ini Alasan Mengapa Anda Perlu Memisahkan Tabungan Uang Muka Rumah

Kompas.com - 11/01/2018, 13:09 WIB
Ilustrasi rumahApartementtherapy Ilustrasi rumah

KompasProperti - Menyimpan uang di tabungan bukanlah suatu hal yang mudah. Terlebih bila uang yang Anda simpan akan digunakan untuk keperluan mencicil rumah.

Bila Anda bercita-cita untuk membeli rumah di kawasan perkotaan, tentu memerlukan uang muka yang cukup besar. Pasalnya, harga rumah di kawasan perkotaan cenderung mahal.

Lalu, bagaimana cara Anda dapat memperoleh uang muka tersebut?

Dilansir dari Apartmenttherapy, Anda sebaiknya memisahkan tabungan yang dimiliki. Bukan tanpa sebab.

Kecenderungan seseorang dalam menabung, biasanya akan sulit untuk membedakan mana uang yang bisa dikeluarkan dalam tabungan dan mana yang tidak. Apalagi, jika Anda hanya memiliki satu rekening tabungan.

Ada beberapa manfaat bila Anda memisahkan tabungan uang muka rumah Anda dengan tabungan untuk keperluan sehari-hari.

1. Anda cenderung tidak akan menggunakan uang itu

Ingat alasan Anda dalam menyimpan uang. Ketika uang disimpan pada rekening yang jarang dilihat, maka Anda akan cenderung jarang untuk menggunakan uang tersebut. Dengan demikian, uang yang Anda niatkan untuk mencicil uang muka rumah dapat diselamatkan.

2. Bisa dapat bunga

Memang, rekening tabungan tidak memiliki tingkat suku bunga yang tinggi, bila dibandingkan dengan deposito atau investasi.

Namun, meski sedikit bunga tersebut tentu akan tetap membantu Anda mewujudkan keinginan sedikit lebih cepat dari perkiraan untuk melunasi uang muka.

3. Lebih aman dari investasi

Menginvestasikan uang, memang selalu menjadi pilihan. Bagi sebagian orang, dapat merasa sukses bila melakukan hal itu. Namun, bukan berarti investasi tanpa resiko.

Fluktuasi harga saham, bisa membuat Anda menghasilkan uang dalam jumlah banyak dan bisa juga kehilangan banyak. Ketika Anda berhemat dan menabung untuk uang muka, resiko itu bisa jadi akan terlalu banyak.

 


EditorHilda B Alexander

Close Ads X