Sudah 98,5 Persen, Kapan Tol Ngawi-Kertosono Diresmikan?

Kompas.com - 08/01/2018, 19:00 WIB
Tol Ngawi-Kertosono. Jasa MargaTol Ngawi-Kertosono.
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Pekerjaan konstruksi Tol Ngawi-Kertosono telah mencapai 98,5 persen. Tol sepanjang 49,5 kilometer itu ditargetkan rampung akhir Januari 2018.

Lantas, kapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol yang digarap PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) itu?

"Sudah siap untuk diresmikan. Akan saya laporkan kepada Bapak Presiden dan melihat juga jadwal beliau untuk peresmiannya," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Minggu (7/1/2018).

Tol Ngawi-Kertosono diketahui memiliki panjang 87 kilometer dan terbagi ke dalam empat seksi. Adapun ruas yang siap diresmikan yakni ruas Ngawi-Wilangan.

Ruas tersebut diketahui digarap PT NKJ yang mayoritas sahamnya dimiliki PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Untuk ruas Wilangan-Kertosono sepanjang 37,5 kilometer dibangun oleh pemerintah. Saat ini konstruksi jalan tol tersebut telah mencapai 45,38 persen.

Basuki yakin, kehadiran Tol Ngawi-Kertosono yang menjadi bagian dari Tol Trans-Jawa, akan semakin meningkatkan efisiensi biaya distribusi barang dan jasa. Dampaknya, akan mendorong perekonomian masyarakat.

"Ruas Tol Ngawi-Kertosono tersambung dengan Tol Solo-Ngawi dan Kertosono-Mojekerto-Surabaya. Ditargetkan Tol Trans Jawa pada akhir tahun 2018 sudah tersambung," tutup Basuki.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X