Kompas.com - 07/01/2018, 16:15 WIB
|
EditorHilda B Alexander

SEMARANG, KompasProperti - Jalan Tol Semarang-Solo seksi IV dan V ditargetkan dapat beroperasi saat arus mudik Lebaran 2018.

Seksi IV menghubungkan Salatiga-Boyolali sepanjang 22,4 kilometer, sedangkan Seksi V menghubungkan Boyolali-Kartasura sepanjang 11,1 kilometer.

Hingga minggu pertama Januari 2018, perkembangan konstruksi proyek Jalan Tol Ruas Salatiga-Kartasura sepanjang 33,5 kilometer mencapai 50,4 persen. Sementara pembebasan lahan telah tuntas 100 persen.

Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) David Wijayatno menyampaikan hal tersebut dalam keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Minggu (7/1/3028).

"Target operasional pada pertengahan tahun ini, jadi pembangunan konstruksi harus kami bereskan secepatnya," kata David. 

Untuk mempercepat proses pengerjaan fisik jalan tol, pihaknya menerapkan sistem kerja tiga shift. Sistem kerja itu membagi para pekerja dalam tiga golongan dalam 24 jam sehari.

Artinya, pekerjaan proyek berjalan non-stop dalam sehari.

"Kami mengerahkan tiga shift. Kini pengerjaan tengah fokus terhadap pengolahan tanah dan infrastrukturnya seperti drainase, irigasi, struktur beton, juga underpass,” ujar David.

Jika nantinya tuntas dikerjakan, maka jalan tol Salatiga-Kartasura yang masuk dalam skema Semarang-Solo ini melengkapi jalan tol yang sudah ada.

Tol Semarang-Solo terdiri atas lima seksi. Seksi 1 Tembalang-Ungaran sepanjang 16,3 kilometer dan Seksi 2 Ungaran-Bawen sepanjang 11,3 kilometer telah dioperasikan.

Seksi 3 Bawen-Salatiga yang digunakan saat musim mudik Lebaran 2017 juga telah dioperasikan.

David berharap keberadaan jalan tol diharap menjadi salah satu alternatif mengatasi permasalahan kepadatan lalu lintas di jalan arteri, serta dapat meningkatkan arus distribusi barang dan jasa di Pulau Jawa. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.