Kompas.com - 06/01/2018, 07:00 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Pekerjaan konstruksi Tol Ngawi-Kertosono yang menjadi bagian PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) hampir rampung.

Ditargetkan pada awal Februari 2018, ruas yang digarap NKJ sudah dapat beroperasi penuh.

Tol Ngawi-Kertosono dirancang sepanjang 87,5 kilometer. Adapun yang menjadi bagian dari PT NKJ yakni ruas Ngawi-Wilangan sepanjang 49,5 kilometer.

Direktur Utama PT NKJ Iwan Moedyarno menjelaskan, saat ini progres konstruksi telah mencapai 98,5 persen. Adapun untuk pembebasan lahan telah mencapai 99,88 persen.

"Dengan progres pembangunan yang demikian pesat, PT NKJ optimis dapat dioperasikan penuh pada bulan awal Februari 2018, sehingga dapat digunakan sebagai jalur alternatif ketika mudik Lebaran 2018," kata Iwan dalam keterangan tertulis, Jumat (5/1/2018).

Untuk mempercepat tol dengan investasi Rp 3,83 triliun itu, NKJ melakukan sejumlah langkah.

Misalnya, mempercepat pekerjaan intersection dengan jalan nasional, penyelesaian gerbang tol, melengkapi median concrete barier, guardrail, rambu dan marka jalan, serta pembangunan rest area.

Secara keseluruhan, jalan tol ini memiliki tiga gerbang tol (GT) yang menerapkan sistem transaksi tertutup, yang hanya melayani 100 persen pembayaran tol elektronik atau non-tunai. Ketiga GT itu yakni GT Madiun, GT Caruban, dan GT Nganjuk.

"Jalan Tol Trans Jawa, khususnya Ruas Ngawi-Kertosono diharapkan membawa peranan penting dalam peningkatan tingkat efisiensi biaya distribusi barang dan jasa serta berdampak pada peningkatan perekonomian di Indonesia khususnya Pulau Jawa," ujar Iwan.

Sementara itu, untuk 37 kilometer sisanya menjadi bagian dari pekerjaan pemerintah. Ruas itu terbentang dari Wilangan hingga Kertosono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.