Kompas.com - 05/01/2018, 16:24 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KENDAL, KompasProperti - PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) menargetkan, Tol Batang-Semarang dapat dilalui sebagai jalur alternatif saat Lebaran 2018. Untuk mendukung hal tersebut, upaya pembebasan lahan dan pembangunan pun dipercepat.

Salah satu langkah percepatan konstruksi yang dilakukan yaitu dengan perbaikan tanah di lokasi Ponowareng dan daerah Kaliboyo hingga Kaliurang dengan menggunakan metode slab on pile.

Penggunaan metode tersebut sesuai dengan hasil kajian teknis yang dilakukan konsultan perencana.

"Upaya percepatan lainnya yang dilakukan oleh PT JSB adalah dengan selalu menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam proses pembangunan proyek jalan tol dengan total panjang 75 kilometer ini," kata Pimpinan Proyek Jalan Tol Batang-Semarang R Beni Dwi Septiadi dalam keterangan tertulis, Kamis (4/1/2018).

Penerapan prosesdur K3 diharapkan mampu meminimalisir kecelakaan di lapangan yang dapat menghambat kinerja pembangunan. Hingga kini, belum terjadi kasus kecelakaan dalam progres pembangunan tol ini.

Sementara untuk progres konstruksi fisik, lanjut Beni, sejauh ini sudah mencapai 65,73 persen untuk seluruh seksi.

"Diharapkan untuk jalur lebaran akhir Mei 2018 sudah siap untuk digunakan dengan kondisi jalan sudah rigid semua, sehingga para pemudik lebaran akan aman dan nyaman," kata dia.

Jalan Tol Batang-Semarang merupakan bagian dari Tol Trans-Jawa yang terdiri atas lima seksi. Seksi 1 Batang-Batang Timur (3,20 Km), Seksi 2 Batang Timur-Weleri (36,35 Km), Seksi 3 Weleri-Kendal (11,05 Km), Seksi 4 Kendal-Kaliwungu (13,50 Km), dan Seksi 5 Kaliwungu-Krapyak (10,10 Km).

Menurut rencana, akan dibangun lima gerbang tol (GT), yaitu GT Tulis, GT Weleri, GT Kendal, GT Kaliwungu dan GT Kalikangkung .

"Kami optimis bahwa pembangunan proyek jalan tol yang dibagi menjadi 5 seksi ini dapat dilakukan uji kelaikan dan beroperasi penuh pada akhir tahun 2018," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.