Kompas.com - 01/01/2018, 07:10 WIB

SOFIA, Kompas.com - Tepat pukul 00.00, tahun 2017 berganti 2018 di Sofia, Bulgaria. Serupa dengan di belahan dunia lainnya, di negara Balkan ini perayaan pergantian tahun tak kalah meriah.

Berpusat di alun-alun Alexander Battenberg, selebrasi tahun Anjing, diawali dengan pertunjukkan musik dari musisi dan penyanyi popular Bulgaria. 

Selama lebih kurang satu jam, mereka menghibur ribuan warga yang mendatangi dan menghadiri selebrasi tahun baru ini di tengah-tengah suhu udara yang mencapai 1 derajat celsius.

Kendati udara membeku, namun tak menyurutkan warga yang datang bersama pasangan, anak, keluarga, hingga kerabat, dan handai taulan. 

Kompas.com menyaksikan antusiasme warga setempat menyambut kedatangan tahun baru ini.

Suasana pergantian tahun di Alexander Battenberg, Sofia, Bulgaria (1/1/2018). Hilda B Alexander/Kompas.com Suasana pergantian tahun di Alexander Battenberg, Sofia, Bulgaria (1/1/2018).
Meskipun untuk mencapai Alexander Battenberg Square, sebagai pusat penyelenggaraan tahun baru, harus melalui penjagaan ketat dari petugas kepolisian yang ditempatkan di setiap titik strategis. 

Selama 7 menit 39 detik, pertunjukkan kembang api spektakuler "cara Bulgaria" memenuhi ruang udara Sofia. 

Setelahnya, mungkin ini yang membedakan "cara Bulgaria" merayakan tahun baru dengan negara lainnya yakni dinyanyikannya lagu kebangsaan Mila Rodino. 

Dengan khidmat, warga mendendangkan Mila Rodino seraya memberi hormat kepada bendera tiga warna putih, hijau, dan merah yang berkibar anggun di tengah alun-alun.

Selang beberapa detik kemudian, sejumlah warga yang berada tepat di depan panggung utama menggelar tarian tradisional "Horo". 

Mereka saling berpegangan tangan dengan gerakan dinamis dalam tempo lambat, namun sejurus kemudian bergerak cepat. Mereka bergerak ke kiri, dan ke kanan, ke depan, dan ke belakang, membentuk lingkaran. 

Sungguh, perayaan yang sederhana, namun demikian meriah. Dari Sofia, Kompas.com mengucapkan Selamat Tahun baru 2018!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.