Saat Arus Balik, Menhub Imbau Masyarakat Tidak Pulang Bersamaan

Kompas.com - 26/12/2017, 06:00 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ditemui di sela-sela acara Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional 2017 di Desa Karangasem, Kecamatan Ponjong, Gunungkidul, Sabtu (9/12/2017). Kompas.com/Markus YuwonoMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ditemui di sela-sela acara Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional 2017 di Desa Karangasem, Kecamatan Ponjong, Gunungkidul, Sabtu (9/12/2017).
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

CIKARANG, KompasProperti - Untuk mengurangi kepadatan arus kendaraan saat arus bali libur Tahun Baru, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau, agar masyarakat tidak pulang ke Jakarta pada waktu bersamaan.

Puncak arus balik diprediksi terjadi pada 1 Januari 2018, saat masyarakat kembali beraktivitas normal. Hal itu disebabkan tidak adanya cuti bersama pada 2 Januari.

"Saya mengimbau kepada para pemudik yang ingin kembali untuk tidak melakukan arus balik secara bersamaan," kata Budi usai meninjau Gerbang Tol Cikarang Utama, Minggu (24/12/2017).

Saat puncak arus balik, diperkirakan 104.000 kendaraan bakal melintasi GT Cikarang Utama. Prediksi itu melonjak drastis bila dibandingkan volume lalu lintas normal yang hanya 74.000 kendaraan.

Bila diperlukan, Budi menyarankan, sebaiknya masyarakat kembali ke Jakarta sebelum perayaan Tahun Baru.

"Kalau bisa sebelum tanggal 1 Januari 2018 sudah kembali di Jakarta. Merayakan tahun barunya di Jakarta saja kita bikin pesta kembang api yang meriah," ujarnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X