Libur Natal, 160.000 Kendaraan Tinggalkan Jakarta via Tol Merak

Kompas.com - 23/12/2017, 13:30 WIB
Tol Tangerang-MerakAstra Infra Toll Road Tangerang-Merak Tol Tangerang-Merak

TANGERANG, KompasProperti - Pada libur Natal ini arus lalu lintas diprediksi mengalami peningkatan di Tol Tangerang-Merak.

Meski demikian, jumlahnya tidak begitu signifikan jika dibandingkan lonjakan kendaraan pada libur Lebaran lalu.

"Lalu lintas harian rata-rata di Tol Tangerang-Merak pada libur kali ini diprediksi mencapai 160.000-an kendaraan per hari," ujar Manajer Pelayanan Lalu Lintas dan Informasi Operasional PT Marga Mandalasakti Rakhmatullah, melalui keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Jumat (22/12/2017).

Menurut Rakhmatullah, angka ini naik 4 persen dibanding libur Natal dan Tahun Baru pada tahun sebelumnya.

Ia menambahkan, lalu lintas pada Natal dan Tahun Baru 2018 ini berbeda dengan lalu lintas Idul Fitri.

Peningkatan pada libur Natal tidak signifikan karena tujuan masyarakat cenderung hanya berlibur, bukan mudik seperti pada perayaan hari raya Lebaran.

Meski demikian, Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak juga tetap mengantisipasi jika terjadi lonjakan kendaraan dengan menyiapkan manajemen lalu lintas yang sifatnya situasional.

Sejumlah upaya yang dilakukan pengelola untuk mengurangi angka kecelakaan adalah dengan memastikan pelengkapan rambu-rambu jalan dan pemasangan spanduk himbauan aman berkendara di beberapa titik sepanjang tol.

Selain itu, Astra Infra Toll Road juga memanfaatkan media elektronik Variable Message Sign (VMS) baik di jalur maupun mobile dan optimalisasi observasi petugas layanan lalu lintas pada waktu rawan, serta relokasi lampu peringatan.

Tidak hanya itu, pengelola juga akan terus memberikan informasi kondisi dan situasi lalu lintas terkini yang terjadi di Tol Tangerang-Merak melalui akun twitter resmi @tol_mms serta mengabarkannya secara langsung pada waktu-waktu ramai melalui radio Elshinta.



EditorHilda B Alexander

Close Ads X