Kompas.com - 20/12/2017, 06:00 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

SURABAYA, KompasProperti - Kehadiran Jalan Tol Surabaya-Mojokerto dipastikan akan memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat. Selain itu, jalan tol ini juga akan menyingkat waktu tempuh normal yang harus dihabiskan masyarakat.

Menurut Direktur Utama PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) Budi Pramono, jika menempuh jalur arteri, maka dibutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam untuk menempuh jarak kedua wilayah itu.

"Kalau lewat Tol Surabaya-Mojokerto itu paling setengah jam," kata Budi kepada KompasProperti, Selasa (19/12/2017).

Bahkan, ia mengatakan, waktu tempuh dari Surabaya ke Jombang semakin dipangkas dengan adanya tol ini.

"Biasanya dari Surabaya (ke Jombang) itu 2,5 sampai 3 jam. Lewat sini hanya 1 jam," kata dia.

Untuk sementara, setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo siang ini, sebagian ruas Tol Surabaya-Mojokerto akan dibuka gratis selama sepekan.

Adapun ruas yang dibuka gratis yakni Seksi IB Sepanjang-WRR, Seksi II WRR-Driyorejo, dan Seksi III Driyorejo-Krian.

Setelah itu, masyarakat akan dikenakan tarif sebesar Rp 1.050 per kilometer. Artinya, tarif terjauh dari Waru hingga Mojokerto sebesar Rp 36.000.

Untuk diketahui, dua seksi sebelumnya telah diresmikan, yaitu Seksi IA Waru-Sepanjang dan Seksi IV Krian-Mojokerto. Seksi IA diresmikan pada Agustus 2011, sementara Seksi IV diresmikan pada Maret 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.