Kalahkan Beijing, Jakarta Punya 158 Pencakar Langit - Kompas.com

Kalahkan Beijing, Jakarta Punya 158 Pencakar Langit

Kompas.com - 20/12/2017, 04:00 WIB
Gama TowerGama Land Gama Tower

JAKARTA, KompasProperti - Kota yang kontras, dengan ketimpangan antara tradisional dan modern, kaya dan miskin, itulah Jakarta.

Semuanya, sebanyak 10 juta penduduk, tinggal saling bersisian di kota metropolis nan ramai ini.

Emporis menyebutkan, beberapa orang yang menyebut Jakarta sebagai rumah, telah menemukan perwakilan dari berbagai kelompok etnis dan budaya Indonesia.

Sebuah pengingat atas moto bangsa "Bhinneka Tunggal Ika".

Jakarta adalah rumah bagi perbedaan yang dinamis antara gedung pencakar langit bergaya Barat, gaya hidup urban modern dan budaya tradisional Indonesia.

Pertumbuhannya yang cepat menjadi kota metropolitan mencerminkan perkembangan ekonomi, politik, sosial dan industri bangsa.

Dalam beberapa tahun terakhir, Jakarta telah memperluas fasilitasnya bagi pengunjung dengan hotel dan restoran mewah, kehidupan malam serta pusat perbelanjaan modern.

Berdasarkan studi dari Emporis, dengan luas 661 kilometer, Jakarta kini memiliki 158 gedung pencakar langit yang telah berdiri.

Angka tersebut menempatkan Ibu Kota di urutan 19, mengalahkan Beijing di posisi 21.

Selain yang sudah berdiri, terdapat juga pencakar langit lain yang kini tengah dalam perencanaan. Jika ditotalkan, jumlahnya mencapai 206 gedung.

Sementara itu, gedung yang sifatnya high-rise, jauh lebih banyak lagi, yaitu 936 buah. Sedangkan low-rise jumlahnya 179 gedung, monumen 1 buah, dan 2 menara telekomunikasi.

Jumlah seluruh gedung ini, baik yang eksisting, tengah dalam pembangunan, dalam perencanaan, dan belum dibangun, adalah 1.324 buah.

Dari seluruh gedung yang ada di Jakarta, 5 tertinggi di antaranya adalah Gama Tower setinggi 289 meter, Menara Astra 270 meter, Kementerian Keuangan 264 meter, Wisma 46 setinggi 262 meter, dan Sahid Sudirman Center 258 meter.

Jika dibagi per zona bisnis, di Mega Kuningan terdapat 13 gedung, SCBD 20 gedung, dan Segitiga Emas Gatot Subroto 3 gedung.

Sementara itu, berdasarkan pembagian Kota Administrasi Jakarta, di Jakarta Barat terdapat 81 gedung, Jakarta Pusat 192 gedung, Jakarta Selatan 262 gedung, Jakarta Timur 24 gedung, dan Jakarta Utara 73 gedung.

 


EditorHilda B Alexander
Sumberemporis

Close Ads X