Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

41 Tahun, BTN Kucurkan KPR Rp 230,2 Triliun

Kompas.com - 12/12/2017, 15:25 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Sejak diluncurkan 41 tahun yang lalu, PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk atau BTN telah mengucurkan kredit pemilikan rumah (KPR) senilai Rp 230,2 triliun. Baik itu kredit dalam bentuk skema konvensional maupun syariah.

Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan, realisasi Rp 230,2 triliun KPR yang dikucurkan, diperuntukkan bagi 4,1 juta unit rumah. Dari jumlah tersebut, 3,08 juta unit atau 75 persen diantaranya mengalir dalam bentuk KPR subsidi.

"Angka tersebut setara dengan nilai KPR subsidi sebesar Rp 110,45 triliun," kata Maryono saat peringatan HUT ke-41 KPR BTN di Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Adapun sisanya sebesar Rp 119,76 triliun didistribusikan dalam bentuk KPR non subsidi. Sebagai kado ulang tahun kepada nasabah, Bank BTN juga memberikan bunga KPR Fixed 1 tahun sebesar 4,1 persen.

Promosi bunga KPR non subsidi ini berlaku hingga Januari 2018. Lewat program tersebut, BTN berharap bisa mengalirkan KPR sebesar Rp 3 triliun hingga tutup tahun 2017.

"Kami membantu pemerintah mewujudkan mimpi seluruh keluarga Indonesia untuk memiliki rumahnya sendiri. Karena itu komitmen kami yang terus kami pegang sejak dipercaya pemerintah mengucurkan KPR subsidi perdana bagi masyarakat," kata Maryono.

Dalam peringatan HUT KPR ini, BTN secara resmi juga meluncurkan Plaza KPR, yaitu gerai khusus yang diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai KPR.

Mulai dari syarat dan tata cara mengajukan aplikasi KPR baik secara manual maupun online lewat www.btnproperti.co.id, hingga informasi mengikuti lelang untuk rumah lelang BTN.

BTN juga meluncurkan KPR Hotline sebagai menu khusus di BTN contact center yang dibuka untuk memberikan segala informasi mengenai produk KPR subsidi maupun non subsidi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com