Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cocok Buat Jakarta, Garasi Mengapung saat Banjir

Kompas.com - 12/12/2017, 09:33 WIB
Haris Prahara

Penulis

KompasProperti – Banjir sesaat yang melanda Jakarta kemarin menjadi alarm bagi warga Ibu Kota. Bisa saja hal serupa terulang, mengingat musim hujan yang belum mencapai puncaknya.

Nah, bagi Anda yang memiliki kendaraan, mungkin inovasi ini dapat menjadi jawaban. Tak perlu lagi cemas saat hujan lebat mengguyur karena kendaraan Anda bisa dipastikan selamat.

Seperti dilansir Business Insider, Selasa (12/12/2017), arsitek Third Nature asal Denmark tengah mengembangkan garasi berteknologi hidrolik. Garasi itu dapat bergerak naik dan turun saat banjir.

Garasi anti banjirThird Nature Garasi anti banjir
Jika banjir, garasi akan terangkat naik. Demikian pula, saat banjir telah surut, garasi akan kembali ke posisi awal.

Garasi yang diberi nama Pop-Up itu dirancang memiliki tiga bagian, yaitu resapan air bawah tanah, lima lantai garasi, dan kawasan pedestrian di bagian atas.

Lebih lanjut, garasi futuristik itu juga bertujuan menambah ruang terbuka di suatu kota. Jalur pejalan kaki dapat ditambahkan furnitur menarik dan didukung oleh rindangnya pepohonan.

Ruang pejalan kaki dalam rancangan garasi futuristik oleh Third NatureThird Nature Ruang pejalan kaki dalam rancangan garasi futuristik oleh Third Nature
Untuk membuat desain itu terwujud, Third Nature telah menggandeng dengan perusahaan konstruksi COWI dan RAMBØL.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com