Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulang dari Turki, Jokowi akan Resmikan Tol Surabaya-Mojokerto

Kompas.com - 12/12/2017, 07:26 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Tiga seksi terakhir Jalan Tol Surabaya-Mojokerto akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam minggu ini.

Rencananya, peresmian dilakukan setelah Presiden pulang dari kunjungan kerja ke Turki usai menghadiri KTT Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

"Yang SuMo (Surabaya-Mojokerto) kemarin Pak Presiden (mengatakan) dari Turki besok mau resmikan. Ke Turki besok (hari ini) berangkat, 13-14 (Desember) sampai sini. Beliau mau meresmikan," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Senin (11/12/2017).

Kepastian itu didapatkan Basuki usai mendampingi Presiden saat kunjungan kerja ke Solo. Presiden, sebut Basuki, akan langsung meresmikan jalan tol yang terdiri atas tiga seksi itu sepulang dari lawatan kerja luar negerinya.

"Iya, saya kemarin kan di Solo bersama beliau, dalam minggu-minggu ini," kata dia.

Tol Surabaya - Mojokerto.Jasa Marga Tol Surabaya - Mojokerto.
Untuk diketahui, tiga seksi yang belum diresmikan yaitu Seksi IB Sepanjang-WRR (4,3 kilometer), Seksi II WRR-Driyorejo (5,1 kilometer) dan Seksi III Driyorejo-Krian (6,1 kilometer).

Adapun dua seksi pertama yang telah diresmikan yakni Seksi IA Waru-Sepanjang (2,3 kilometer) pada Agustus 2011 dan Seksi IV Krian-Mojokerto (18,47 kilometer) pada Maret 2016.

"Dengan rampungnya ketiga seksi tersebut, maka Jalan Tol Surabaya-Mojokerto dengan total sepanjang 36,27 Km telah beroperasi sepenuhnya," kata Direktur Teknik & Operasi PT Jasamarga Surabaya Mojokerto Ari Wibowo dalam keterangan tertulis, Senin (4/12/2017).

Gerbang Tol Driyorejo yang menjadi salah satu GT di ruas Tol Surabaya-Mojokerto.Jasa Marga Gerbang Tol Driyorejo yang menjadi salah satu GT di ruas Tol Surabaya-Mojokerto.
Ari menambahkan, dalam surat yang diterbitkan Kementerian Perhubungan tertanggal 1 November lalu, dinyatakan bahwa ketiga seksi terakhir sudah laik operasi dan dapat dioperasikan sebagai jalan tol.

Jalan tol ini nantinya akan dikelola PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (PT JSM) yang merupakan anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Nilai investasi jalan tol yang melewati 4 wilayah kota/kabupaten ini sebesar Rp 4,9 triliun dengan kepemilikan mayoritas saham sebesar 55 persen oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk., 25 persen oleh PT Moeladi, dan 20 persen oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Gerbang Tol Warugunung yang jadi salah satu GT di ruas Tol Surabaya - Mojokerto.Jasa Marga Gerbang Tol Warugunung yang jadi salah satu GT di ruas Tol Surabaya - Mojokerto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com