Kompas.com - 12/12/2017, 07:26 WIB
Presiden Joko Widodo membagikan 9.000 sertifikat tanah saat kunjungan kerjanya di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Jumat (24/11/2017) KOMPAS.com / Mei LeandhaPresiden Joko Widodo membagikan 9.000 sertifikat tanah saat kunjungan kerjanya di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Jumat (24/11/2017)
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Tiga seksi terakhir Jalan Tol Surabaya-Mojokerto akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam minggu ini.

Rencananya, peresmian dilakukan setelah Presiden pulang dari kunjungan kerja ke Turki usai menghadiri KTT Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Yang SuMo (Surabaya-Mojokerto) kemarin Pak Presiden (mengatakan) dari Turki besok mau resmikan. Ke Turki besok (hari ini) berangkat, 13-14 (Desember) sampai sini. Beliau mau meresmikan," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Senin (11/12/2017).

Kepastian itu didapatkan Basuki usai mendampingi Presiden saat kunjungan kerja ke Solo. Presiden, sebut Basuki, akan langsung meresmikan jalan tol yang terdiri atas tiga seksi itu sepulang dari lawatan kerja luar negerinya.

"Iya, saya kemarin kan di Solo bersama beliau, dalam minggu-minggu ini," kata dia.

Tol Surabaya - Mojokerto.Jasa Marga Tol Surabaya - Mojokerto.
Untuk diketahui, tiga seksi yang belum diresmikan yaitu Seksi IB Sepanjang-WRR (4,3 kilometer), Seksi II WRR-Driyorejo (5,1 kilometer) dan Seksi III Driyorejo-Krian (6,1 kilometer).

Adapun dua seksi pertama yang telah diresmikan yakni Seksi IA Waru-Sepanjang (2,3 kilometer) pada Agustus 2011 dan Seksi IV Krian-Mojokerto (18,47 kilometer) pada Maret 2016.

"Dengan rampungnya ketiga seksi tersebut, maka Jalan Tol Surabaya-Mojokerto dengan total sepanjang 36,27 Km telah beroperasi sepenuhnya," kata Direktur Teknik & Operasi PT Jasamarga Surabaya Mojokerto Ari Wibowo dalam keterangan tertulis, Senin (4/12/2017).

Gerbang Tol Driyorejo yang menjadi salah satu GT di ruas Tol Surabaya-Mojokerto.Jasa Marga Gerbang Tol Driyorejo yang menjadi salah satu GT di ruas Tol Surabaya-Mojokerto.
Ari menambahkan, dalam surat yang diterbitkan Kementerian Perhubungan tertanggal 1 November lalu, dinyatakan bahwa ketiga seksi terakhir sudah laik operasi dan dapat dioperasikan sebagai jalan tol.

Jalan tol ini nantinya akan dikelola PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (PT JSM) yang merupakan anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Nilai investasi jalan tol yang melewati 4 wilayah kota/kabupaten ini sebesar Rp 4,9 triliun dengan kepemilikan mayoritas saham sebesar 55 persen oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk., 25 persen oleh PT Moeladi, dan 20 persen oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Gerbang Tol Warugunung yang jadi salah satu GT di ruas Tol Surabaya - Mojokerto.Jasa Marga Gerbang Tol Warugunung yang jadi salah satu GT di ruas Tol Surabaya - Mojokerto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.