Kompas.com - 11/12/2017, 16:06 WIB
|
EditorHilda B Alexander

LI COUNTY, KompasProperti - Persawahan, dan sebuah situs arkeologi berusia lebih dari 6.500 tahun di Li County, Provinsi Hunan, China telah menerima gelar World Landscape of the Year 2017 pada penghargaan World Architecture Festival.

Biro arsitektur dan lanskap China, Turenscape, merancang jalur untuk menarik pengunjung ke situs arkeologi dan lahan pertanian sekitarnya yang mengelilingi pemukiman Neolitik di Chengtoushan.

Cheongtousan Archeological ParkDezeen Cheongtousan Archeological Park
Diklaim sebagai "museum nasi luar ruang", jalur ini membentang melalui sawah dan dinamakan Chengtoushan Archaeological Park. Dengan jembatan kaca setinggi empat meter di atas permukaan sawah ini sungguh memberi tempat yang ideal untuk foto.

Jembatan dan jalan setapak yang transparan dengan langkan tersebut dirancang untuk memastikan sinar matahari diterima oleh tanaman di bawahnya.

Hal ini juga membuat wisatawan dapat mengamati langsung petani yang sedang bekerja.

"Proyek ini mencerminkan sebuah harapan yang kreatif dalam sejarah arkeologi, meningkatkan produksi dan menerima peran wisatawan dalam produksi lokal," kata para juri penghargaan tersebut.

Super Jury yang diketuai oleh James Timberlake dari Kieran Timberlake, Mitra OMA Ellen van Loon, pendiri WOHA, Mun Summ Wong, Ian Ritchie dari Ian Ritchie Architects dan Christoph Ingenhoven dari Ingenhoven Architects memilihnya sebagai yang terbaik.

Turenscape juga merupakan penerima penghargaan pada 2015 untuk transformasi taman lahan basah di Provinsi Zhejiang melalui serangkaian jalan setapak yang berkelok-kelok.

Penghargaan World Architecture Festival bertujuan untuk menampilkan arsitektur terbaik dalam 12 bulan terakhir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Dezeen


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.