Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpengaruh Kondisi Ekonomi Terkini, Dulux Lansir "Heart Wood"

Kompas.com - 05/12/2017, 22:39 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Tak bisa dimungkiri, kondisi ekonomi global yang mengalami perlambatan, turut memengaruhi strategi bisnis para pelaku usaha. 

Termasuk di antaranya AkzoNobel. Melalui merek dagang terdepannya, Dulux, mereka mengeluarkan panduan warna tahun depan dalam tema "Heart Wood" sebagai Colour of The Year 2018.

Managing Director AkzoNobel Decorative Paints South east & South Asia, Middle East, Jeremy Rowe, mengakui perekonomian yang tengah menurun memengaruhi pemilihan warna untuk tahun 2018.

"Tidak seperti beberapa tahun sebelumnya yang cerah, ceria, dan optimistis yang direpresentasikan dengan warna emas (2015), oranye (2016), tahun 2018 sedikit lebih netral, kalem, dan alami," jelas Rowe menjawab KompasProperti, Rabu (5/12/2017).

Namun, kata Rowe, tidak sekadar itu. Keputusan untuk memilih warna-warna natural dan kalem juga beradasarkan riset yang dilakukan oleh 11 ahli kaliber internasional. 

Hasil riset menunjukkan tren yang kuat atas keinginan konsumen untuk mentransformasi rumah mereka menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat setelah penat bekerja.

Managing Director Akzonobel Decorative Paints South East & South Asia, Middle East, Jeremy Rowe berpose saat peluncuran Heart Wood Colour of the Year 2018 di Pacific Place, Jakarta, Selasa (5/12/2017). Pusat Estetika Global AkzoNobel mengidentifikasi Heart Wood sebagai warna cat utama tahun 2018. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Managing Director Akzonobel Decorative Paints South East & South Asia, Middle East, Jeremy Rowe berpose saat peluncuran Heart Wood Colour of the Year 2018 di Pacific Place, Jakarta, Selasa (5/12/2017). Pusat Estetika Global AkzoNobel mengidentifikasi Heart Wood sebagai warna cat utama tahun 2018.
Dihasilkanlah warna merah muda yang lembut, hangat dan terkesan dewasa. Warna ini menggambarkan sentuhan warna kayu alami dan bahan kulit, memberikan kenyamanan dan kemudahan sebagai respon terhadap para konsumen yang menginginkan suasana yang lebih santai dan menciptakan suasana a welcome home di rumah mereka.

“Colour of the Year 2018 kami benar-benar menggambarkan suasana hati saat ini (mood of the moment)," kata Jeremy.

"Heart Wood" dan empat palet warna pelengkap akan membantu para konsumen mendapatkan rumah yang unik, sehingga dapat membawa perasaan aman dan tenang, serta menciptakan rumah yang menyenangkan untuk semua.

Adapun empat palet utama tersebut yakni ‘A Welcome Home’, yang merupakan rumah "Heart Wood".

Ilustrasi interior desainHouzz Ilustrasi interior desain
Warna ini menggabungkan nuansa lembut abu-abu-merah muda, biru dan coklat muda yang bercampur membentuk nuansa warna biru dan ungu yang lebih berani.

Tenang dan memulihkan, Heart Wood memberikan perasaan adanya koneksi antara dunia luar dan diri kita.

Palet ‘Heart Wood Home’ bercampur secara harmonis dengan material yang menjadi inspirasi warna utama.

Kemudian The Comforting Home, menciptakan lingkungan yang dapat menyegarkan dan memperbaharui pikiran. Sebuah ruang diri yang menjadi tempat pemulihan.

Warna tanah yang hangat terpancar di rumah, memadukan nuansa tanah liat dan merah muda untuk menenangkan pikiran dan indera, serta meredam kebisingan. Tekstur yang kaya dan mengundang seperti sutra dan beludru menciptakan ruang dengan sensasi sentuhan yang nyata.

ilustrasi interior ilustrasi interior
Selanjutnya The Inviting Home membawa kenyamanan dan kemudahan hidup bagi mereka yang ingin mempererat tali silaturahmi serta berkumpul bersama teman dan keluarga.

Nuansa biru yang teduh mendorong pendekatan yang lebih jelas terhadap kehidupan, sementara nuansa netral dan hijau segar menunjang kebutuhan akan interaksi dengan dunia luar. Nuansa pastel yang lebih lembut diperkuat oleh warna biru tua dan coal.

Dan terakhir, The Playful Home menciptakan ruang untuk mencari inspirasi dan memperkuat indera. Hijau kekuningan dan keemasan membantu memercikkan energi dan mendorong pendekatan hidup yang kreatif.

Warna-warna cerah menambah perasaan yang menyenangkan dan berenergi, sedangkan penggunaan skema warna yang cerdas akan dapat membantu menciptakan zona yang berbeda dalam ruang yang lebih kecil.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com