Pelabuhan Belawan, Langganan Sandar Kapal-kapal Pesiar

Kompas.com - 04/12/2017, 14:26 WIB
Kapal pesiar MV Silver Discoverer sandar di Terminal Penumpang Bandardeli, Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, Senin (4/12/2017) KOMPAS.com / Mei LeandhaKapal pesiar MV Silver Discoverer sandar di Terminal Penumpang Bandardeli, Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, Senin (4/12/2017)
|
EditorHilda B Alexander

MEDAN, KompasProperti - Untuk yang ketiga kalinya, kapal pesiar MV Silver Discoverer sandar di Terminal Penumpang Bandardeli, Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara (Sumut).

Pada 15 Maret 2017 lalu, kapal berbendera Bahamas ini sudah menurunkan penumpangnya untuk melancong di kawasan pariwisata yang ada di Sumut.

Kali ini, kapal asal Malaka berpenumpang 67 wisatawan mancanegara dari Philipina, Australia, Selandia Baru, Inggris, dan negara Eropa lain, akan mengunjungi pusat penelitian Orangutan Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat.

Tidak seluruh wisatawan mengikuti perjalanan tur ke obyek wisata, ada beberapa dari mereka yang memilih tetap tinggal di kapal.

"Kapal ini sudah tiga kali berkunjung ke Pelabuhan Belawan sepanjang 2017. Ini bukti kalau Pelabuhan Belawan menjadi destinasi kapal pesiar dan pintu masuk bagi wisatawan mancanegara yang akan berlibur ke Sumut,” kata Fiona Sari Utami, ACS Humas Pelindo 1 pada Senin (4/12/2017).

Fiona menjelaskan, untuk menampung penumpang kapal lokal maupun mancanegara, Pelindo 1 sudah menyediakan fasilitas dermaga, terminal yang nyaman, dan aksesibilitas menuju destinasi-destinasi wisata di Sumut.

“Ini wujud komitmen Pelindo 1 dalam melayani pengguna jasa pelabuhan dan mendukung pemerintah untuk mengembangkan pariwisata Indonesia,” ucapnya.

Selain itu, untuk mendukung program pemerintah menjadikan kapal pesiar berkembang di negara maritim Indonesia.

Rombongan turis Islamic Cruise MV Costa Victoria berloma-lomba foto bersama dan selfie di Masjid Raya Baiturrahman, Senin (27/11/2017). SERAMBINEWS.COM/NURUL HAYATI Rombongan turis Islamic Cruise MV Costa Victoria berloma-lomba foto bersama dan selfie di Masjid Raya Baiturrahman, Senin (27/11/2017).
Terlebih, Pelabuhan Belawan termasuk lima besar pelabuhan utama di Indonesia yang bisa disinggahi kapal pesiar selain di Tanjung Priok, Tanjung Perak, Benoa, dan Makassar. 

"Kapal sudah meninggalkan Pelabuhan Belawan, menuju Pelabuhan Kawthaung, Myanmar," kata Fiona. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X