Hindari Sembilan Hal Ini Saat Menggelar Pesta di Rumah - Kompas.com

Hindari Sembilan Hal Ini Saat Menggelar Pesta di Rumah

Kompas.com - 03/12/2017, 20:48 WIB
Ilustrasi pesta.www.apartementtherappy.com Ilustrasi pesta.

KompasProperti - Berkumpul bersama rekan sejawat di rumah pada saat liburan akhir tahun, mungkin dapat menjadi pilihan menyenangkan.

Tentu, Anda berharap agar waktu bersama rekan-rekan Anda di rumah dapat berjalan sempurna.

Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, cobalah Anda hindari sembilan kesalahan yang terkadang tak sadar dilakukan ketika menjadi tuan rumah, seperti dikutip KompasProperti dari Apartementtherapy:

1. Berharap tamu dapat menemukan makan dan minuman sendiri

Tak jarang Anda sering mengucapkan “anggap aja rumah sendiri” kepada setiap rekan yang bertandang ke rumah. Dengan harapan, mereka dapat mengambil segala makanan atau minuman yang Anda miliki, tanpa perlu merasa sungkan.

Namun, kebaikan yang Anda berikan tidak sepenuhnya benar. Sebab, sering kali mereka tidak tahu dimana Anda meletakkan makanan atau minuman yang dapat dikonsumsi oleh mereka.

Mereka pun tak jarang tak enak hati untuk meminta sesuatu kepada Anda. Kecuali, makanan atau minuman itu memang sudah Anda siapkan di atas meja.

2. Kurang memikirkan ruang gerak

Ketika Anda mengatur letak furnitur dan berpikir untuk meletakkan makanan dan minuman, pertimbangkan kemudahan para tamu dalam menjangkaunya.

Umumnya, begitu mereka melewati pintu, mereka akan menuju lokasi dimana makanan dan minuman berada. Jadi, pastikan letak keduanya dapat dengan mudah dijangkau.

Jika ingin meletakkan makanan dan minuman pada ruangan ‘bottle neck’, pastikan Anda telah memindahkan furnitur di sekitarnya. Hal ini untuk memberikan kenyamanan saat mengambilnya.

3. Berpikir bahwa Anda perlu menyediakan kursi untuk setiap orang

Kecuali Anda menjadi tuan rumah untuk pesta makan malam, tamu Anda biasanya lebih banyak memilih untuk menghabiskan waktu berdiri sambil ngobrol.

Biasanya, mereka akan duduk ketika pesta hampir berakhir, saat orang-orang mulai pergi. Dengan demikian, mereka merasa nyaman untuk duduk dengan yang lainnya sambil berbincang banyak hal.

4. Menyiakan segala makanan dan minuman

Jika Anda berencana menyajikan cocktail buatan tangan, sewalah jasa seorang bartender. 

Sebenarnya, minuman yang disajikan di dalam pitcher, sudah cukup digemari oleh para tamu. Di samping juga memudahkan Anda dalam menyajikan minuman itu sendiri.

Demikian halnya dalam makanan. Anda cukup menyajikan frozen food yang sudah diolah kepada para tamu. Dengan plating yang kreatif, tamu Anda juga tak akan paham bedanya antara masak sendiri dengan hasil olahan profesional. 

5. Tidak menyiapkan musik

Anda tidak perlu mengundang sebuah grup band untuk memainkan list lagu favorit Anda. Tapi Anda cukup ‘memainkan’ sebuah lagu ketika mereka datang, dengan memutar player yang ada.

Alunan suara musik cukup membantu mencairkan suasana, sehingga membuat setiap tamu yang datang merasa nyaman baik ketika diam maupun bercengkerama dengan tamu yang lain.

6. Lupa mengatur suhu ruangan

Berada di sebuah ruangan dengan banyak orang, tak jarang membuat suhu udara meningkat. Meskipun, saat ini sudah dalam musim hujan, yang artinya udara relatif lebih dingin dibandingkan musim kemarau.

Jika memang tamu Anda cukup banyak, Anda bisa melakukan sesuatu hal. Mulai dari mematikan pemanas ruangan, membuka jendela, hingga menyalakan AC.

Atau, Anda juga bisa mendinginkan ruangan tersebut satu atau dua jam sebelum para tamu tiba.

7. Meninggalkan tamu memperkenalkan diri sendiri

Terutama jika Anda mengundang teman yang tidak tahu siapa saja tamu yang Anda undang ke rumah. Pastikan mengenalkan diri mereka, satu atau dua orang minimal, sehingga teman Anda dapat mengobrol secara cair. 

8. Mencoba melakukan segala sesuatu sendiri

Menjadi tuan rumah sebuah pesta adalah pekerjaan lebih dari satu orang. Tidak peduli berapa banyak waktu yang Anda miliki untuk mempersiapkannya, tak jarang Anda akan merasa bingung pada menit-manit terakhir.

Jika Anda mencoret bantuan, baik itu pembantu rumah tangga, keluarga, bahkan teman, mungkin di menit-menit awal semua dapat ditangani dengan baik. Tapi di menit-menit berikutnya? 

Teman yang baik, tentu akan merasa senang untuk membantu Anda menyelesaikan persoalan yang sedang menimpa Anda. 

9. Lupa menikmati pesta

Undangan pesta seperti apa yang ingin Anda hadiri? Sebuah pesta dengan dekorasi, makanan dan minuman sempurna, namun dengan tingkat kesetresan penyajian yang tinggi?

Atau, pesta sederhana dimana Anda dapat rileks dalam menyajikannya serta memiliki waktu berkualitas dengan para tamu? Ingat, setiap tamu yang hadir juga merasakan apa yang Anda rasakan.

Anda adalah seorang tuan rumah, dan mood Anda akan mempengaruhi tone sepanjang pesta berlangsung. Jadi, cobalah untuk rileks, ambil makanan dan minuman, dan ngobrollah sesantai mungkin dengan tamu-tamu Anda.


EditorHilda B Alexander
Close Ads X