Ini Susunan Komite dan Organ Batanas

Kompas.com - 01/12/2017, 21:00 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Pembentukan Badan Pengelola dan Penyedia Tanah Nasional (Batanas) tinggal menunggu pengesahan Peraturan Pemerintah (PP).

Baca juga : Kelola Tanah, Batanas Segera Dibentuk

Batanas berfungsi untuk memperoleh tanah dengan cara pengadaan, melalui kewenangan Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), atau membentuk partisipasi dengan pihak lain.

"Selama ini ada kekosongan pengelolaan tanah-tanah terlantar. Kalau belum ada bank tanah, jadi kesulitan mau didistribusi ke mana," ujar Staf Menteri ATR/BPN Himawan Arief, baru-baru ini.

Selain memperoleh tanah, Batanas juga bertugas mengelolanya sampai tanah tersebut dapat dimanfaatkan untuk lahan perumahan, infrastruktur, industri, pariwisata, pertanian, dan fungsi sosial lainnya.

Pemanfaatan tanah dapat diberikan dalam bentuk Hak Guna Bangunan (HGB), Hak Guna Usaha (HGU), dan Hak Pakai di atas HPL Batanas.

Adapun Komite Batanas nantinya akan ditetapkan oleh Presiden, yang terdiri dari antara lain Menteri ATR/BPN dan Menteri Keuangan.

Sedangkan Organ Batanas terdiri dari Dewan Pengawas dan Dewan Pelaksana yang berada di bawah Komite.

Dewan Pelaksana terdiri atas Kepala Batanas yang membawahi Deputi Bidang Pengelolaan Aset, Deputi Bidang Perencanaan dan Pengembangan, Deputi Bidang Pemanfaatan Lahan, dan Deputi Bidang Keuangan.

Sementara itu, Batanas akan bertempat kedudukan di Ibu Kota dan memiliki perwakilan.

Batanas memiliki kewenangan mandiri yang diatur dalam Peraturan Pemerintah, dapat berpartisipasi dalam pembuatan tata ruang, serta dapat mengembangkan dan memanfaatkan tanah dengan pihak lain.

Hak Batanas meliputi dapat memperoleh sumber pendanaan dari APBN atau sumber lain yang sah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X