Jembatan Holtekamp Dirancang Tahan Gempa Sampai 1.000 Tahun

Kompas.com - 30/11/2017, 07:00 WIB
Konstruksi Jembatan Holtekamp di Jayapura per 14 November 2017. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRKonstruksi Jembatan Holtekamp di Jayapura per 14 November 2017.
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

SURABAYA, KompasProperti - Konstruksi Jembatan Holtekamp yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Jayapura, diklaim cukup kuat.

Bahkan, Project Manager Jembatan Holtekamp Rizki Dianugrah menyebut, jembatan tersebut dirancang tahan gempa. Hal ini sesuai dengan kontur alam Jayapura yang rawan gempa.

"Dari sisi perencanaan itu sudah diperhitungkan mampu tahan gempa sampai 1.000 tahun," klaim Rizki saat berbincang dengan KompasProperti, Rabu (29/11/2017).

Perhitungan tersebut, ia menjelaskan, diketahui dari hasil simulasi yang dilakukan tim dengan menggunakan teknologi komputer.

Tim memasukkan berbagai kemungkinan kondisi gempa yang akan terjadi ketika konstruksi jembatan tersebut telah selesai dipasang.

Hasilnya, konstruksi jembatan yang menelan investasi menyeluruh sekitar Rp 1,7 triliun itu dianggap cukup tahan gempa dalam jangka waktu lama.

Rizki menambahkan, saat ini progres konstruksi jembatan sepanjang 400 meter itu telah mencapai 90 persen.

Bila nantinya, kedua bentang utama yang digarap PT PAL Indonesia telah dikirim ke Jayapura dan dipasang, maka pekerjaan yang tersisa hanya 5 persen.

Dibutuhkan waktu sekitar 30 hari untuk sekali proses pengiriman bentang utama. Namun, bila kondisi cuaca tidak memungkinkan, maka waktu pengiriman tersebut dapat lebih lama.

"Kita menyadari sekarang Desember (curah hujan) lagi tinggi-tingginya, kendala utama cuaca. Terus gelombang laut. Kemudian sisanya praktis hanya faktor teknis saja," kata dia.

Upaya mitigasi pun dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahan pada saat proses pengiriman nantinya. Ia pun optimistis, bila pekerjaan proyek yang nantinya menjadi ikon Jayapura ini akan selesai tepat waktu.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X