Sudah 90 Persen, Begini Rupa Jembatan Ikon Jayapura

Kompas.com - 30/11/2017, 06:00 WIB
Center span Jembatan Holtekamp. Kompas.com / Dani PrabowoCenter span Jembatan Holtekamp.
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

SURABAYA, KompasProperti - Jembatan Holtekamp yang dibangun pemerintah di Kota Jayapura, bakal menjadi ikon baru ibu kota Provinsi Papua tersebut.

Memiliki panjang keseluruhan 732 meter, jembatan yang nilai investasinya mencapai Rp 1,7 triliun itu didanai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua, dan APBD II Kota Jayapura.

Konstruksi bentang utama Jembatan Holtekamp.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Konstruksi bentang utama Jembatan Holtekamp.

KompasProperti mengunjungi PT PAL Indonesia yang digandeng Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menggarap dua bentang utama yang menjadi center span Jembatan Holtekamp.

Project Manager Jembatan Holtekamp Rizki Dianugrah mengatakan, dibutuhkan lima bentang untuk menyambungkan jembatan tersebut.

Selain dua yang digarap PT PAL, tiga lainnya saat ini telah rampung dan sudah dipasang. Masing-masing dari ketiganya memiliki panjang 50 meter.

Konsturksi Jembatan Holtekamp di Jayapura per 14 November 2017.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Konsturksi Jembatan Holtekamp di Jayapura per 14 November 2017.

"Nanti totalnya yang tersambung itu 400 meter," kata Rizki kepada awak media di Surabaya, Rabu (29/11/2017).

Sementara dua yang digarap PT PAL, diketahui memiliki panjang masing-masing 110 meter, dengan tinggi 20 meter, dan berat 2.000 ton.

Saat ini, salah satu bentang utama telah rampung pekerjaannya dan siap untuk diangkut ke kapal tongkang pada Kamis (30/11/2017).

Kemudian, dalam waktu dekat bentang utama itu akan dikirim ke Jayapura.

Konstruksi bentang utama Jembatan Holtekamp.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Konstruksi bentang utama Jembatan Holtekamp.

"Untuk yang kedua, saat ini progres pekerjaannya sudah 95 persen. Ditargetkan selesai 4 Desember mendatang," kata dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X