Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Mulus yang Dibangun Saat Ganjar Datang, Kini Rusak Parah

Kompas.com - 28/11/2017, 07:00 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KompasProperti - Jalan Kyai Haji Hasyim Asyari, Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, yang dibangun mulus saat Gubernur Ganjar Pramowo datang pada (16/5/2017) lalu, kini rusak parah.

Lubang besar menganga, menghiasi jalan tersebut. Saat hujan, genangan air menutupi lubang, sehingga sangat membahayakan pengguna jalan.

Menurut warga setempat, Sujono, jalan yang dikenal dengan jalan Gladak, ini memang sering rusak. Selain dilewati sejumlah kendaraan angkutan berat, juga truk yang memuat tanah galian C.

“Beberapa bulan ini, malah sering dilewati truk molen yang membawa bahan cor jalan tol,” kata Sujono kepada KompasProperti, Senin (27/11).

Dia berharap, jalan tersebut segera diperbaiki dan dibeton supaya kuat dilewati angkutan berat. Pasalnya, kalau cuma diaspal, kekuatannya hanya sebentar.

“Lubang jalan sering membuat pengendara sepeda motor terperosok. Ada juga yang jatuh. Kasihan mereka,” tambah Sujono.

Senada dengan Sujono. Rajiman, warga Magelung Kaliwungu Selatan, menuding truk muatan tanah galian C, menjadi salah satu penyebab rusaknya jalan Gladak. Padahal jalan itu, merupakan akses utama yang menghubungkan Kabupaten Kendal dengan Kabupaten Semarang.

“Tidak hanya Gladak. Jalan raya Kaliwungu-Boja, juga rusak karena truk muatan tanah itu. Pemilik galian C, harus tanggung jawab,” tegasnya.

Menanggapi hal ini, Bupati Kendal Mirna Anissa mengatakan akan meninjau jalan tersebut. Jika memang ada anggaran, jalan yang rusak itu akan segera diperbaiki.

“Saya akan meminta Dinas Pekerjaan Umum untuk ngecek jalan Gladak,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com