Lewat PINA, Rp 13,5 Triliun Masuk Labuan Bajo

Kompas.com - 22/11/2017, 23:26 WIB
Wisatawan di hamparan pantai pasir putih Waecicu, Labuan Bajo sambil menikmati keindahan lautnya dengan berlabuh kapal-kapal wisata internasional, Rabu (30/8/2017). KOMPAS.COM/MARKUS MAKURWisatawan di hamparan pantai pasir putih Waecicu, Labuan Bajo sambil menikmati keindahan lautnya dengan berlabuh kapal-kapal wisata internasional, Rabu (30/8/2017).
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Skema Pembiayaan Infrastruktur Non-Anggaran Pemerintah (PINA) siap mendanai proyek Pengembangan Area Terintegrasi Pulau Flores atau wisata Labuan Bajo.

Melalui PINA, PT Flores Prosperindo sebagai pemilik lahan di Labuan Bajo, mendapatkan dana sebesar Rp 13,5 triliun.

"Flores Prosperindo ini punya lahan 500 hektar. Mereka butuh investasi, ekuitas, untuk kembangkan kawasan pariwisata terpadu," ujar CEO PINA Ekoputro Adijayanto di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Ia mengatakan, pembangunan terpadu meliputi hotel, pelabuhan, dan bandara. Pelabuhan, terutama marina, sangat dibutuhkan untuk menarik para wisatawan berkocek tebal.

Selama ini, pelabuhan jenis ini belum dikembangkan secara maksimal di Indonesia. Padahal di beberapa negara lain, misalnya Singapura, sudah lebih dulu membangun pelabuhan marina yang besar.

"Di Labuan Bajo, turis paling besar itu berasal dari mancanaegara, tinggal infrastruktur dipercantik dan dibangun," jelas Eko.

Melalui pelabuhan marina, turis mancanegara bisa langsung menuju Labuan Bajo dengan cruise dan yacht pribadi.

Selain Labuan Bajo, PINA juga tengah dalam proses pembiayaan untuk beberapa proyek infrastruktur di bidang kelistrikan, bandara, dan jalan tol.

Total pembiayaan yang berada di pipeline PINA saat ini mencapai Rp 136,5 triliun untuk 13 proyek.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X