Kompas.com - 19/11/2017, 16:26 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti- Sebagian besar masyarakat nelayan yang tinggal di Kabupaten Jember, Jawa Timur, hidup miskin. Kebutuhan tempat tinggal juga menjadi tantangan karena mereka tidak mampu menjangkaunya.

Pasalnya, kemampuan nelayan untuk membeli rumah sangat bergantung pada penghasilan dari ikan yang ditangkap pada waktu-waktu tertentu sehingga pendapatannya tidak tetap.

Beberapa program pemberdayaan antara lain penataan kampung berupa proyek perumahan nelayan, yaitu Land Concolidation (LC) di Kecamatan Puger, sudah pernah dilakukan beberapa tahun silam. Namun, hasilnya tidak terlihat signifikan.

Padahal, program tersebut seharusnya menyediakan 700 rumah lengkap dengan sertifikat bagi para nelayan dengan target penyelesaian 2013.

Baru-baru ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk berencana membenahi Kampung Nelayan Puger. Kegiatan yang membidik 15.000 nelayan ini dilakukan atas kerja sama BTN dengan Pemerintah Kabupaten Jember.

"Ini bagian dari sosialisasi program KPR Mikro untuk masyarakat informal. Kita melihat 90 persen nelayan itu belum punya rumah," ujar Direktur Utama BTN Maryono kepada KompasProperti, Sabtu (18/11/2017).

Maryono mengatakan, KPR Mikro menyasar para pekerja yang tidak berpenghasilan tetap dengan berdasarkan komunitas.

Sebelumnya, BTN telah menggandeng sejumlah komunitas, yaitu pedagang mie dan bakso, tukang potong rambut, dan pengemudi ojek.

Sedangkan komunitas nelayan, belum tersentuh oleh BTN. Padahal, sektor kelautan di Indonesia berperan penting terhadap pertumbuhan ekonomi Tanah Air.

"Dengan menggandeng nelayan, kita ingin membuktikan kalau kita ini peduli dengan sektor kemaritiman di Indonesia. Caranya dengan memenuhi kebutuhan rumah para nelayan," kata Maryono.

Selain membangun hunian nelayan, BTN juga berencana akan menggelar akad kredit pemilikan rumah (KPR) secara serentak sebanyak 2.002 unit rumah di Jember. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya sebanyak 1.001 unit.

Di samping itu, melalui kemitraan tersebut, perseroan akan menyediakan berbagai jasa dan layanan perbankan bagi Pemkab Jember. BTN juga akan melakukan kerja sama di bidang e-retribusi dengan Pemkab Jember.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.