Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Maja, Pemerintah Bangun Rel Ganda sampai Merak

Kompas.com - 18/11/2017, 20:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

LEBAK, KompasProperti - Untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di kota baru Maja, Lebak, Banten, pemerintah pusat berencana membangun jalur kereta api ganda atau double track dari Jakarta hingga Merak.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan, sejauh ini jalur kereta yang dilalui commuter line baru menghubungkan antara Stasiun Tanah Abang hingga Stasiun Rangkasbitung.

"Untuk daerah Banten, kami sedang inisiasi untuk melanjutkan kereta api double track atau rel ganda ini sampai ke Serang bahkan sampai ujung di Merak," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat peresmian proyek Citra Maja Raya di Maja, Lebak, Banten, Sabtu (18/11/2017).

Selain ingin memperpanjang jalur yang ada, Budi menambahkan, pemerintah juga berencana menghidupkan kembali jalur kereta api yang sudah lama tidak dioperasikan.

"Agar laju kereta api, volumenya lebih besar dan juga menjangkau daerah yang belum, jalur kereta yang sudah ditinggalkan kita lakukan reaktivasi," ujarnya.

Kehadiran jalur kereta, diyakini Budi, akan sangat membantu masyarakat. Terlebih untuk kota baru yang tengah dikembangkan seperti Maja, agar dapat dengan mudah terhubung dengan daerah lain seperti Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com