Duo Menteri Resmikan Citra Maja Raya - Kompas.com

Duo Menteri Resmikan Citra Maja Raya

Kompas.com - 18/11/2017, 17:50 WIB
Peresmian proyek Citra Maja Raya di Lebak, Banten, Sabtu (18/11/2017).Kompas.com / Dani Prabowo Peresmian proyek Citra Maja Raya di Lebak, Banten, Sabtu (18/11/2017).

LEBAK, KompasProperti - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan proyek Citra Maja Raya di Maja, Lebak, Banten, Sabtu (18/11/2017).

Proyek yang didirikan di salah satu dari sepuluh kota baru publik yang dicanangkan pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 ini dikembangkan oleh Ciputra Grup.

Menempati lahan seluas 2.000 hektar, sejauh ini ada 10.000 unit rumah yang sedang dalam tahap pembangunan. Dari jumlah tersebut, 8.000 unit diantaranya diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

"Jadi ini peresmian pembangunan Kota Maja, jadi bukan hanya Citra Raya saja, tapi Kota Maja sebagai (kawasan) urbanisasi yang menuju ke Jakarta," kata Basuki kepada awak media.

Secara keseluruhan, Basuki menuturkan, luas kawasan Maja sendiri sekitar 15.000 hektar.

Bila seluruh proses pengembangan kawasan ini telah rampung, maka tak kurang dari 1,2 juta penduduk yang dapat tinggal di kawasan itu.

"Makanya diusulkan bahwa Stasiun Maja itu selanjutnya harus dikembangkan," ujarnya.

Peresmian proyek Citra Maja Raya.Kompas.com / Dani Prabowo Peresmian proyek Citra Maja Raya.

Sementara itu, pendiri Ciputra Group, Ciputra mengatakan, Maja yang dikembangkan sebagai salah satu kota baru publik tentu perlu didukung dengan pembangunan infrastruktur dan hunian yang mumpuni.

Kawasan hunian Citra Maja Raya yang dikembangkan dengan konsep transit oriented development (TOD), menurut dia, merupakan salah satu langkah Ciputra Group dalam mendukung upaya pemerintah dalam mengembangkan sepuluh kota baru.

"Seperti kita lihat bersama, Citra Maja Raya telah mengalami perkembangan sangat ppesat dan alam dua setengah tahun ini. Citra Maja Raya telah berhasil mencatat perestasi dalam pembangunan dan pemasaran," kata Ciputra.

Nantinya, hunian ini akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas komersil, pendidikan, sports club, pasar modern, shuttle bus, ruang terbuka hijau, hingga fasilitas kesehatan secara bertahap.


EditorHilda B Alexander

Close Ads X