Asian Games 2018 Diprediksi Sumbang Okupansi Hotel Lebih Besar

Kompas.com - 14/11/2017, 08:25 WIB
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani usai menghadiri acara di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (6/11/2017). KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani usai menghadiri acara di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (6/11/2017).
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Dua event internasional akan dihelat di Indonesia pada tahun depan, yakni Asian Games dan IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Keduanya dipastikan akan mendorong tingkat okupansi hotel.

Kendati demikian, dari kedua event tersebut, menurut Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia ( PHRI) Hariyadi Sukamdani, Asian Games-lah yang diperkirakan bakal menyumbang kontribusi okupansi terbesar.

"Karena terdiri di Jakarta dan Palembang, dan jumlah orangnya lebih banyak," kata dia di Jakarta, Senin (13/11/2017).

Dari sisi waktu, ia menjelaskan, IMF-World Bank Annual Meeting yang akan dilangsungkan di Bali, lebih cepat yaitu pada 9-14 Oktober 2018. Sementara, Asian Games 2018 akan dilangsungkan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Selain itu, dari jumlah peserta pun Asian Games diperkirakan juga bakal lebih banyak. Sebab, ada 45 negara yang ikut andil dalam 40 cabang olahraga yang diselenggarakan dalam kegiatan ini.

Sementara itu, berdasarkan data Tim Task Force Bank Indonesia (BI), jumlah peserta IMF-WB Annual Meeting diperkirakan berkisar antara 12.500 hingga 15.000 orang.

"Kalau ditanya dampaknya berapa, terus terang kami belum bisa perkirakan. Tapi poinnya saya ambil contoh seperti di Jakarta dengan jumlah kamar hampir 60.000 yang berbintang, kalau dengan mereka datang dan ini sukses, mungkin secara agregat kontribusinya sekitar 15-20 persen dari yang biasa secara overall," tutur Haryadi.

Sejauh ini, ia menambahkan, belum ada pengusaha perhotelan yang mengurus izin pendirian hotel baru dalam waktu dekat.

Hanya, diperkirakan ada 55.000 kamar hotel yang akan dibangun di tahun depan. Saat ini, sebagian dari kamar itu dalam proses pembangunan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X