Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkena Proyek Jalan Tol Batang-Semarang, Lima Sekolah Dibongkar

Kompas.com - 13/11/2017, 17:48 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, kompasProperti - Empat SDN dan satu SMPN di Kendal Jawa Tengah, dibongkar karena terkena proyek pembangunan Jalan Tol Batang-Semarang.

Masing-masing sekolah dasar itu adalah SDN Protomulyo Kaliwungu Selatan, SDN Sumberagung 1 dan 2 Weleri, serta SDN Sumbersari Ngampel. Akibatnya, para siswa harus belajar di madarasah diniyah awaliyah (MDA) terdekat.

Sedangkan satu SMPN yang dibongkar adalah SMPN 2 Pegandon Kendal.

Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Joko Supratikno mengatakan 4 SDN tersebut berdiri di tanah milik desa. Sesuai aturan, proses ganti tanahnya harus mendapat persetujuan Gubernur Jawa Tengah.

“Kalau tanah penggantinya sudah ada. Jarak dari lokasi lama, semuanya hanya sekitar 500 meter,” ujar Joko kepada KompasProperti, Senin (13/11/2017).

Joko menambahkan, kalau nanti ganti tanahnya sudah mendapat persetujuan dari gubernur, pembangunan sekolah akan segera dimulai.

Pembangunan sekolah itu, dilakukan oleh PT Waskita Toll Road selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Jalan Tol Batang-Semarang.

Soal proses ganti tanah milk desa, kata Joko, yang mengetahui adalah Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades).

Kepala Dispermades Kendal, Subaidi, sendiri mengakui gedung 4 SDN dan 1 SMPN yang terkena proyek jalan tol, berdiri di atas tanah milk desa.

Saat ini, proses penggantian kelima gedung sekolah tersebut belum rampung.

“Yang sudah selesai prosesnya baru SDN Protomulyo,” sebut Subaidi. 

Sementara itu, Bupati Kendal Mirna Anissa, meminta kepada BUJT, supaya nantinya mempercepat pembangunan sekolah yang terkena proyek jalan tol.

"Ini untuk para siswa agar segera dapat menempati sekolah dan memulai proses belajar mengajar secara normal," kata Mirna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com