Dijajal Basuki Semalam, Ini Tampilan Baru Stadion Renang GBK Senayan

Kompas.com - 11/11/2017, 19:30 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menjajal stadion renang di area Gelora Bung Karno, Jumat (10/11/2017) malam. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRMenteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menjajal stadion renang di area Gelora Bung Karno, Jumat (10/11/2017) malam.
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander


JAKARTA, KompasProperti - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sempat mencoba berenang di stadion renang Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jumat (10/11/2017) malam.

Stadion yang proses renovasinya telah dilakukan sejak Agustus 2016 lalu tersebut, bakal digunakan saat perhelatan Asian Games Agustus 2018.

Menurut rencana, uji coba event akan digelar pada Feburari 2018 mendatang.

"Renovasi venue olahraga ini menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Sehingga kualitasnya harus dicek. Apabila ada satu saja yang jelek, maka bisa dianggap nanti jelek semua kualitasnya," kata Basuki dalam keterangan tertulis.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau stadion renang Gelora Bung Karno.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau stadion renang Gelora Bung Karno.

Lewat Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR merenovasi stadion renang dengan membuat empat kolam. Kolam utama berukuran 51,2 m x 25 m x 3 m digunakan untuk pertandingan.

Sementara, tiga kolam lainnya yakni Kolam Polo Air (50 m x 25 m x 3 m), Kolam Loncat Indah (21 m x 25 m x 5 m) dan Kolam Pemanasan (20 m x 50 m x 1,4-2 m).

"Saya minta pengecekan secara detail, bukan pengujian secara acak," kata dia.

Stadion tersebut juga dilengkapi dengan 8.000 kursi penonton termasuk tribun teleskopik, ruang pers dan broadcasting serta ruangan pendukung lainnya.

Stadion renang Gelora Bung Karno.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Stadion renang Gelora Bung Karno.

Renovasi yang digarap PT Waskita Karya (Persero) tersebut menghabiskan anggaran Rp 274 miliar. Stadion renang dibuat tertutup untuk mencegah terjadinya karat akibat penguapan klorin.

Proses verifikasi telah dilakukan pada Oktober 2017 lalu oleh Independen Surveyor dan Perwakilan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI).

Hasilnya, stadion renang GBK dinyatakan telah memenuhi persyaratan tertinggi dari Federasi Renang Dunia (FINA) dan kini tinggal menunggu mendapatkan sertifikasi.

Untuk diketahui bahwa stadion renang GBK merupakan salah satu dari enam bangunan cagar budaya di GBK.

Proses renovasi yang dilakukan juga telah memenuhi kaidah-kaidah pelestarian bangunan cagar budaya.

Stadion renang Gelora Bung Karno.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Stadion renang Gelora Bung Karno.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X