Jembatan Putus, Pemkot Medan Pinjam Jembatan "Bailey" Milik TNI

Kompas.com - 09/11/2017, 21:58 WIB
|
EditorHilda B Alexander

MEDAN, KompasProperti - Jembatan Titi Dua di Kelurahan Belawansicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan putus pada Selasa (7/11/2017). Padahal, jembatan ini merupakan satu-satunya penghubung aktivitas warga di Kelurahan Belawansicanang dengan Kelurahan Belawanbahari.

Saat kejadian putusnya jembatan, dua warga tengah melintasi jembatan dengan sepeda motor. Beruntung keduanya dapat menyelamatkan diri dengan memegang kayu sisa jembatan, namun sepeda motornya jatuh ke sungai.

Lurah Belawansicanang Zulkifli mengatakan, putusnya jembatan mengakibatkan 16.000 warga yang bermukim di kelurahannya tidak dapat keluar menuju Kelurahan Belawanbahari.

Warga masih bisa melintasi sisa jembatan dengan berjalan kaki, melewati tanah dan dua broti yang diikat menjadi satu.

"Itu pun harus berhati-hati, salah langkah bisa tercebur ke sungai," kata Zulkifli, Kamis (9/11/2017).

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution bersama Camat Medan Belawan Ahmad pun turun ke lokasi. Warga langsung berkerumun, mereka meminta jembatannya segera diperbaiki.

Akhyar menjawab agar warga bersabar, Pemerintah Kota Medan (Pemkot) bersama organisasi perangkat daerah (OPD) sedang berkoordinasi untuk mengatasi masalah.

"Pemkot Medan sedang membangun jembatan baru, tiba-tiba jembatan titi dua, jembatan lama ambruk. Secepatnya kami atasi. Alat berat tengah bekerja membuat dudukan jembatan sementara, fondasinya gelondongan beton. Kalau pakai tanah, sebanyak apapun akan habis tersapu air sungai," tutur Akhyar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan Khairul Syahnan yang dikonfirmasi mengatakan sudah berkoordinasi dengan Yonzipur I/DD untuk meminjam jembatan bailey milik mereka.

Jembatan dari rangka baja ringan namun berkualitas tinggi itu dapat dipindah-pindah, sehingga bisa menjadi jembatan sementara sebelum jembatan baru selesai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.