Target Operasi 2019, Progres Tol Kunciran-Cengkareng Baru 4,02 Persen

Kompas.com - 04/11/2017, 20:45 WIB
Jalan Tol Kunciran-Cengkareng Jalan Tol Kunciran-Cengkareng
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti – Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Refly Harun melakukan tinjauan lapangan untuk memantau proses pembangunan sejumlah proyek jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga dan anak usahanya.

Jalan Tol Kunciran-Cengkareng sepanjang 14,19 kilometer ini juga turut ditinjau. Capaian realisasi konstruksi tol tersebut hingga Minggu awal November 2017 sebesar 4,02 persen.

Sedangkan untuk pengadaan lahan yang telah dibebaskan 30,92 persen.

"Kami berharap pembangunan proyek ini dapat rampung sesuai target yaitu pada Desember 2018, sehingga bisa mulai dioperasikan awal tahun 2019," ujar Refly.

Direktur Utama PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (PT JKC) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Albert MP Silaen menjelaskan ada sejumlah tantangan yang dialami dalam pembangunan Jalan Tol Kunciran-Cengkareng ini.

Tantangan tersebut terutama dari sisi pembebasan lahan. Meski demikian, ada upaya-upaya yang dijalankan untuk mempercepat proses pembebasan lahan.

"Kami terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, terutama pada proses pembebasan lahan di lapangan agar proses konstruksi tidak mundur dari waktu yang telah ditargetkan," kata dia.

PT JKC sendiri sahamnya dimiliki Jasa Marga 76,22 persen, CMS Works International Limited 21,01 persen, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk 2,1 persen, PT Nindya Karya (Persero) 0,28 persen, dan PT Istaka Karya 0,39 persen.

Investasi untuk pembangunan tol ini adalah sebesar Rp 5 triliun.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X