Basuki Teken Tarif Tol Becakayu Rp 14.000

Kompas.com - 03/11/2017, 16:29 WIB
Presiden Joko Widodo (rompi merah) didampingi sejumlah pejabat lain saat meninjau ruas jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di kawasan Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (3/11/2017). Presiden Joko Widodo meresmikan ruas jalan tol yakni Seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 kilometer yang terbentang dari Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPresiden Joko Widodo (rompi merah) didampingi sejumlah pejabat lain saat meninjau ruas jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di kawasan Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (3/11/2017). Presiden Joko Widodo meresmikan ruas jalan tol yakni Seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 kilometer yang terbentang dari Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah menetapkan tarif Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu sebesar Rp 14.000

Tarif ini baru akan berlaku pada 2 minggu mendatang setelah Peraturan Menteri (Permen) PUPR tentang ketetapan tarif terbit.

"Tarif ini sistemnya terbuka. Jadi masuk dari mana saja (di Seksi I), (pengendara) bayarnya Rp 14.000," ujar Basuki ketika ditemui usai melaksanakan Salat Jumat di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (3/11/2017).

Baca juga : Tol Becakayu Gratis sampai 2 Minggu ke Depan

Dia mengatakan, tarif tersebut berlaku di seksi I tol Becakayu yakni yang membentang dari Casablanca hingga Jakasampurna sepanjang 11 kilometer.

Sementara bagian yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi adalah Seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 kilometer yang terbentang dari Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna.

Adapun pembangunan lainnya menyisakan Seksi ll A sepanjang 4,1 kilometer dan Seksi II B sepanjang 7,8 kilometer. Dengan demikian, total panjang Tol Becakayu adalah sekitar 21 kilometer.

Baca juga : Tol Becakayu Bakal Ditambah 2 Kilometer

Terkait tarif seluruh ruas setelah beroperasi, menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna, akan ada perubahan kembali.

"Kalau sudah beroperasi semua mungkin harganya tidak lagi Rp 14.000. Berapa tepatnya masih dihitung," kata Herry.

Hak konsesi tol ini dipegang oleh PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) dengan kepemilikan sahamnya PT Waskita Toll Road sebesar 98,97 persen dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 1,03 persen.

Dalam pembangunan Tol Becakayu tersebut, KKDM menggelontorkan investasi sebesar Rp 8,5 triliun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X