Dari Bawah Tol Becakayu, Warga Histeris Meneriakkan "Jokowi, Jokowi"

Kompas.com - 03/11/2017, 10:00 WIB
Sejumlah warga menunggu diresmikannya Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jumat (3/11/2017). Garry Andrew Lotulung/Kompas.comSejumlah warga menunggu diresmikannya Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jumat (3/11/2017).
|
EditorHilda B Alexander

BEKASI, KompasProperti — Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, Jumat (3/11/2017) pagi.

Dalam peresmian tersebut, Presiden Jokowi didampingi

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Baca juga: Setelah Diresmikan Jokowi, Tol Becakayu Akan Dibuka secara Gratis

Saat berbincang dengan para menteri, Presiden Jokowi berjalan menyusuri bagian tepi jalan tol. Untuk diketahui, konstruksi jalan tol ini memang dibuat melayang atau elevated dengan jalan arteri di bagian bawah.

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat peresmian Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Jumat (3/11/2017).Garry Andrew Lotulung/Kompas.com Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat peresmian Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Jumat (3/11/2017).
Ketika melihat Presiden Jokowi di pinggir jalan tol, warga yang sedari pagi berdiri di bawah langsung histeris dan meneriakkan nama Jokowi.

Menanggapi panggilan warga, Jokowi tersenyum sesaat, kemudian kembali melanjutkan berbicara dengan para menteri.

"Ya, saya datang untuk melihat Pak Jokowi saja. Kan, belum pernah melihat langsung," ujar Siti, salah seorang warga yang tinggal tidak jauh dari Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), kepada KompasProperti seusai peresmian.

Berdasarkan pantauan, sejumlah warga memenuhi beberapa lokasi di jalan tol. Pertama adalah di jalan masuk bagian tol. Selain itu, warga juga berdiri di sepanjang sisi jalan arteri bagian bawah tol.


Ruas tol yang diresmikan Presiden Jokowi adalah Seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 kilometer yang terbentang dari Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna.

Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi)  Jumat (3/11/2017).Garry Andrew Lotulung/Kompas.com Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jumat (3/11/2017).
Konstruksi yang berupa jalan layang yang membentang dari wilayah Tambun Bekasi sampai dengan wilayah Kampung Melayu bagian timur Kota Jakarta sepanjang 23,76 kilometer.

Tol Becakayu dibangun dan diperasikan secara bertahap, yaitu Seksi l sepanjang 11,9 kilometer, Seksi ll A sepanjang 4,1 kilometer dan Seksi II B sepanjang 7,8 kilometer.

Seksi I membentang dari Casablanca hingga Jaka Sampurna sementara Seksi ll adalah dari Jaka Sampurna sampai Duren Jaya. Investasinya sebesar Rp 8,5 triliun.

Nantinya, tol ini dikelola adalah PT Kresna Kusuma Dyandra Marga yang kepemilikan sahamnya dimiliki oleh PT Waskita Toll Road 98,97 persen dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 1,03 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.