Budi Karya Tawarkan KEK Belitung ke Pengembang

Kompas.com - 01/11/2017, 17:01 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Arimbi RamadhianiMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
|
EditorHilda B Alexander

Panorama mentari menyingsing di pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung.Khamim Panorama mentari menyingsing di pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung.
JAKARTA, KompasProperti - Di antara sejumlah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang telah disiapkan pemerintah, adalah Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung yang pencanangan perdananya telah dilakukan pada tahun lalu.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan tengah membuat Belitung memiliki daya tarik dan menjadi populer di dunia.

Baca juga : Bangun KEK Tuing Butuh Dana Rp 20 Triliun

"Untuk fase pertama bagi mereka yang berinvestasi properti di Belitung akan menjadi titik awal paling strategis," ujar Budi saat Property Leader Dialog di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Dia menuturkan, saat ini Belitung relatif masih kosong. Namun untuk nilai potensi investasi properti atau permintaan dari wisatawan, Budi tidak dapat memastikannya.

Meski demikian, permintaan dan pasokan sebenarnya bisa diciptakan. Terlebih lagi, ketika fungsi-fungsi pariwisata sudah berjalan dengan baik, permintaan akan bertumbuh.

"Saat ini orang butuh sesuatu sebagai penarik," sebut Budi.

Sebagai KEK, pembangunan Belitung akan dikerjakan oleh pemerintah pusat dan daerah. Pemerintah pusat perlu turun tangan untuk membuat pembangunan di KEK Belitung lebih terencana dan tidak tumbuh sendiri.

Oleh sebab itu, ia bersama Menteri Pariwisata (Menpar) yang dikoordinasi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, membuat kampanye supaya Belitung menjadi destinasi yang menarik.

"Tahap pertama selain tentunya investor berinvestasi di sana, kami juga melakukan effort yang jelas antara lain kampanye Bandara Belitung yang sudah berstatus internasional," kata Budi.

Saat ini, Budi mengaku gencar melakukan promosi untuk memberi kepastian penerbangan kepada para wisatawan.

Sebelumnya para wisatawan mancanegara berpikir dua kali untuk berkunjung ke Belitung karena harus ke Jakarta terlebih dahulu.

Sedangkan kini pelancong dari Asia atau Eropa bisa langsung mengambil penerbangan ke Belitung.

"Sekarang sudah (internasional), pemerintah yang buka langsung, tinggal eksekusi saja," tuntas Budi.

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X