Pencakar Langit Keramik Tertinggi se-Dunia Bakal Hadir di Dubai

Kompas.com - 31/10/2017, 20:30 WIB
|
EditorHilda B Alexander

DUBAI, KompasProperti - UNStudio telah mengumumkan rencana untuk pembangunan pencakar langit Dubai yang menampilkan fasad dari keramik setinggi 300 meter.

Dirancang oleh studio arsitek Belanda yang bekerja sama dengan perusahaan teknik Jerman Werner Sobek, gedung bernama Wasl Tower ini akan selesai pada 2020.

Menara multifungsi tersebut akan dilapisi ubin tanah liat mengkilap yang bisa dibentuk untuk membentuk kurva menyapu.

Menurut UNStudio, menara ini ditetapkan sebagai gedung tertinggi di dunia dengan fasad keramik.

"Karena proyek ini sangat berkaitan dan berhubungan dengan pengalaman urban Dubai, tujuannya adalah supaya Menara Wasl semenarik dan sebagus mungkin," kata pendiri UNStudio Ben van Berkel.

Menara Wasl akan berlokasi di Sheikh Zayed Road, jalan terlama Emirates yang beroperasi dari Abu Dhabi sampai Ras al-Khaimah.

Sementara itu, dari segi arsitektur, ubin berbentuk siripnya dibuat miring untuk memberi keteduhan pada interior, sekaligus membiarkan cahaya alami menyaringnya.

Tujuannya adalah untuk menyediakan solusi berkelanjutan terhadap tantangan teknis yang sangat tinggi dalam merancang bangunan tinggi di iklim gurun Dubai.

Pada malam hari, fasad menara akan menyala dalam irama yang diprogram agar terlihat seolah-olah bernafas.

Dikembangkan oleh perusahaan teknik Arup, lampu akan berada di belakang sirip dan diberi tenaga surya melalui panel fotovoltaik yang dipasang di atap tempat parkir mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.