Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencakar Langit Keramik Tertinggi se-Dunia Bakal Hadir di Dubai

Kompas.com - 31/10/2017, 20:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Dezeen

DUBAI, KompasProperti - UNStudio telah mengumumkan rencana untuk pembangunan pencakar langit Dubai yang menampilkan fasad dari keramik setinggi 300 meter.

Dirancang oleh studio arsitek Belanda yang bekerja sama dengan perusahaan teknik Jerman Werner Sobek, gedung bernama Wasl Tower ini akan selesai pada 2020.

Menara multifungsi tersebut akan dilapisi ubin tanah liat mengkilap yang bisa dibentuk untuk membentuk kurva menyapu.

Menurut UNStudio, menara ini ditetapkan sebagai gedung tertinggi di dunia dengan fasad keramik.

"Karena proyek ini sangat berkaitan dan berhubungan dengan pengalaman urban Dubai, tujuannya adalah supaya Menara Wasl semenarik dan sebagus mungkin," kata pendiri UNStudio Ben van Berkel.

Menara Wasl akan berlokasi di Sheikh Zayed Road, jalan terlama Emirates yang beroperasi dari Abu Dhabi sampai Ras al-Khaimah.

Sementara itu, dari segi arsitektur, ubin berbentuk siripnya dibuat miring untuk memberi keteduhan pada interior, sekaligus membiarkan cahaya alami menyaringnya.

Tujuannya adalah untuk menyediakan solusi berkelanjutan terhadap tantangan teknis yang sangat tinggi dalam merancang bangunan tinggi di iklim gurun Dubai.

Pada malam hari, fasad menara akan menyala dalam irama yang diprogram agar terlihat seolah-olah bernafas.

Dikembangkan oleh perusahaan teknik Arup, lampu akan berada di belakang sirip dan diberi tenaga surya melalui panel fotovoltaik yang dipasang di atap tempat parkir mobil.

Wasl Tower akan berdiri dekat Burj Khalifa, yang tingginya 828 meter, saat ini merupakan bangunan tertinggi di dunia.

UN Studio merancang Wasl Tower dengan fasad dari keramikDezeen UN Studio merancang Wasl Tower dengan fasad dari keramik

Berbentuk asimetris

Berbeda dengan Burj Khalifa, menara ini menampilkan bentuk asimetris yang bengkok dan miring.

Para perancang mengklaim bahwa hal itu mengikuti gagasan contrapposto, atau pertentangan, sebuah bentuk dalam patung klasik.

Pose ini melibatkan penempatan lebih banyak beban pada satu kaki, yang secara alami memutar "bahu" dan "pinggul" dari sumbu, dan dengan demikian memberi dinamika pada sosok.

Bangunan ini akan dioperasikan oleh grup hotel Mandarin Oriental, dan akan menampung lebih dari 250 kamar bintang lima. Selain itu, Wasl Tower juga akan mengakomodasi kantor, apartemen pribadi, dan ruang publik.

Bangunan tersebut memiliki 17 lift, lima di antaranya akan menjadi lift layanan. Keempat lobi utama, spa, skydeck dan atap akan dihubungkan secara vertikal oleh tiga lift berkecepatan tinggi.

Ruang kantor dan ruang tamu akan dilayani oleh empat lift masing-masing, semuanya berbagi poros yang sama, sedangkan akses utama ke hotel akan mencapai 150 meter.

Tempat tinggal pribadi di lantai yang lebih tinggi akan terhubung langsung ke tempat parkir di lantai bawah tanah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com