Kompas.com - 25/10/2017, 18:31 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

 

JAKARTA, KompasProperti - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat(PUPR) terus menggenjot pekerjaan proyek Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Jalan tol yang terdiri atas dua seksi sepanjang 21,04 kilometer itu ditargetkan beroperasi sepenuhnya pada 2021.

Baca juga : Sebagian Tol Becakayu Segera Diresmikan

Kendati demikian, dalam waktu dekat, sebagian ruas akan diresmikan dan dapat digunakan oleh masyarakat. Ruas itu yakni Seksi IB dan IC sepanjang 8,26 kilometer yang menghubungkan antara Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna.

Tol Becakayu.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Tol Becakayu.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, kehadiran tol ini akan menambah kapasitas jalan serta menjadi pilihan bagi pengguna jalan dalam menghindari jalur macet.

"Apabila telah rampung seluruhnya, pengguna jalan dari Bekasi menuju Jakarta Pusat atau ke Jakarta Utara tidak perlu lagi melewati tengah kota tetapi bisa memanfaatkan Tol Becakayu," kata Endra dalam keterangan tertulis yang diterima awak media, Selasa (24/10/2017).

Tol Becakayu.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Tol Becakayu.

Saat ini, waktu tempuh bagi warga Kota Bekasi yang menuju Jakarta sekitar dua jam perjalanan. Dengan kehadiran tol tersebut diharapkan menjadi lebih singkat menjadi satu jam setengah perjalanan.

Selain itu, keberadaan Tol Becakayu juga bakal meningkatkan kelancaran lalu lintas kendaraan logistik yang menuju Karawang, Cibitung dan Bandung sebagai akibat terpecahnya arus lalu lintas sehingga mengurangi volume lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek.

Tol Becakayu.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Tol Becakayu.

Mengenai pembebasan lahan, saat ini sudah tidak lagi menjadi hambatan dengan adanya skema dana talangan dari investor yang kemudian diganti oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

Pada tahun 2017, Kementerian PUPR menargetkan panjang tol di Indonesia akan bertambah 568 kilometer. Sementara pada tahun 2019, tol baru ditargetkan akan bertambah 1.851 kilometer.

Tol Becakayu.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Tol Becakayu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.