Keren, Inovasi Ini Bisa Selamatkan Nyawa Penyeberang Jalan

Kompas.com - 17/10/2017, 18:00 WIB
Prototipe Smart Crossing Direct LinePrototipe Smart Crossing
|
EditorHilda B Alexander

KompasProperti – Menyeberang jalan di kota besar seperti Jakarta butuh kewaspadaan ekstra. Jika lengah sedikit saja, bisa-bisa nyawa melayang akibat tersambar kendaraan.

Tenang saja, ada secercah harapan terkait kondisi tersebut. Sebuah inovasi baru bernama Smart Crossing mulai diuji coba di London, Inggris, beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Smart Crossing membuat jalan menjadi “cerdas”. Permukaan jalan dapat mendeteksi pergerakan pejalan kaki serta membuat garis zebra cross menjadi terang dengan teknologi light emitting diode (LED).

Fungsi utama dari Smart Crossing adalah membuat pengemudi berhati-hati saat pejalan kaki tengah melintas. Dengan begitu, diharapkan kecelakaan lalu lintas dapat terhindari.

Smart Crossing, yang dikembangkan oleh perusahaan Direct Line, dapat mengetahui apa yang terjadi di sekitarnya dengan menggunakan kecerdasan komputer. Pengubahan tanda berjalan pun diperbarui tanpa kontrol manual.

Teknologi ini juga dapat menerangi tanah di sekitar pejalan kaki sehingga pengemudi dapat mengidentifikasi ada tidaknya penyeberang jalan dari jarak jauh.

Prototipe Smart CrossingDirect Line Prototipe Smart Crossing
Lebih dari itu, lebar Smart Crossing juga dapat menyesuaikan dengan jumlah penyeberang jalan. Jika ada kelompok besar seperti anak-anak sekolah tengah menyeberang, marka jalan dapat secara otomatis meluas.

Generasi kekinian yang sulit lepas dari gawai bahkan saat tengah berjalan, diharapkan dapat terbantu dengan inovasi ini. Nyawa pun dapat terselematkan, meskipun tak ada jaminan mutlak untuk hal itu.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.