Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keren, Inovasi Ini Bisa Selamatkan Nyawa Penyeberang Jalan

Kompas.com - 17/10/2017, 18:00 WIB
Haris Prahara

Penulis

KompasProperti – Menyeberang jalan di kota besar seperti Jakarta butuh kewaspadaan ekstra. Jika lengah sedikit saja, bisa-bisa nyawa melayang akibat tersambar kendaraan.

Tenang saja, ada secercah harapan terkait kondisi tersebut. Sebuah inovasi baru bernama Smart Crossing mulai diuji coba di London, Inggris, beberapa waktu lalu.

Smart Crossing membuat jalan menjadi “cerdas”. Permukaan jalan dapat mendeteksi pergerakan pejalan kaki serta membuat garis zebra cross menjadi terang dengan teknologi light emitting diode (LED).

Fungsi utama dari Smart Crossing adalah membuat pengemudi berhati-hati saat pejalan kaki tengah melintas. Dengan begitu, diharapkan kecelakaan lalu lintas dapat terhindari.

Smart Crossing, yang dikembangkan oleh perusahaan Direct Line, dapat mengetahui apa yang terjadi di sekitarnya dengan menggunakan kecerdasan komputer. Pengubahan tanda berjalan pun diperbarui tanpa kontrol manual.

Teknologi ini juga dapat menerangi tanah di sekitar pejalan kaki sehingga pengemudi dapat mengidentifikasi ada tidaknya penyeberang jalan dari jarak jauh.

Prototipe Smart CrossingDirect Line Prototipe Smart Crossing
Lebih dari itu, lebar Smart Crossing juga dapat menyesuaikan dengan jumlah penyeberang jalan. Jika ada kelompok besar seperti anak-anak sekolah tengah menyeberang, marka jalan dapat secara otomatis meluas.

Generasi kekinian yang sulit lepas dari gawai bahkan saat tengah berjalan, diharapkan dapat terbantu dengan inovasi ini. Nyawa pun dapat terselematkan, meskipun tak ada jaminan mutlak untuk hal itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com