Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arie S Moerwanto, Alumnus Pertama Asia Terima Penghargaan IHE Delft

Kompas.com - 15/10/2017, 16:26 WIB
Dani Prabowo

Penulis


JAKARTA, KompasProperti - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto menerima penghargaan pada ajang IHE Delft Alumni Award 2017.

Penghargaan ini diberikan setiap tahunnya kepada alumnus atau mereka yang memiliki karir atau pencapaian tertinggi pada bidang perairan.

Pencapaian tersebut telah dibuktikan dan memberikan dampak kepada peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Dikutip Kompas Properti dari laman www.un-ihe.org, Arie menyelesaikan pendidikan masternya di bidang Teknik Hidrolik di IHE pada tahun 1990. Arie sekaligus menjadi alumnus pertama dari Asia yang menerima penghargaan pada ajang ini.

Tiga alumnus lainnya yang turut menjadi nominasi pada tahun ini yaitu Dhanesh Gunatilleke dari Sri Lanka, Dr Alvaro Carmo Vaz dari Mozambik dan Gowri Ramanah dari Sri Lanka.

Ari Moerwanto akan menerima penghargaan ini pada Opening Academic Year and Alumny Award Ceremony pada 19 Oktober mendatang di Delft, Belanda, dan sekaligus didaulat memberikan presentasi tentang pekerjaannya pada acara Lunch Seminar pada 20 Oktober.

Arie telah bekerja pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sejak 1986. Sejumlah posisi pun pernah dijabatnya.

Arie memiliki rekam jejak yang telah terbukti baik secara profesional, bertanggungjawab, dan berintegritas, serta berkomitmen tinggi dalam pembangunan infrastruktur.

Komitmennya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia, performa akademik serta kepemimpinan profesional di Indonesia mendapatkan apresiasi tinggi dari IHE.

Berbagai proyek penting pun telah diselesaikan, seperti memimpin berbagai program riset terintegrasi, mencakup aspek teknis dan sosial yang terkait dengan pembangunan area urban di Indonesia, seperti di Semarang.

Kemudian berkolaborasi dalam menulis panduan tentang Urban Polder Development di Indonesia. Polder menjadi salah alternatif dalam mengatasi masalah penurunan tanah dan kenaikan air laut, guna mengatasi persoalan banjir di wilayah pesisir.

Terbaru, kontribusinya dalam desai manajemen lalu lintas di sepanjang Jalur Pantura, Jawa, yang menyebabkan penurunan angka kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, Arie juga menjadi perwakilan bagi IHE Delft dalam berhubungan dengan Kementerian PUPR, terutama di bidang penelitian dan pengembangan kapasitas air.

Di bawah kepemimpinannya, banyak staf Kementerian PUPR yang didorong untuk mengambil gelar master dan doktoral, serta kursus singkat di bidang perairan di IHE Delft.

Hasilnya, IHE Delft kini memiliki banyak alumnus yang sukses dan profesional yang bekerja di Kementerian PUPR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com