Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Targetkan Tol Pandaan-Malang Beroperasi Akhir 2018

Kompas.com - 13/10/2017, 20:30 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Pekerjaan konstruksi proyek Jalan Tol Pandaan-Malang terus dikebut. Diharapkan, proyek sepanjang 37,6 kilometer itu dapat mempercepat aspek distribusi barang dan masyarakat dari Surabaya ke Malang dan arah sebaliknya, saat sudah rampung.

"Untuk pengadaan tanah, saat ini di Pandaan-Malang, ini total sudah mencapai 78 persen dari kebutuhan yang ada," kata Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Purnomo di Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Tol Pandaan-Malang dirancang memiliki lima seksi. Seksi I Pandaan-Purwodadi sepanjang 14,92 kilometer, saat ini progres pembebasan lahannya telah mencapai 85,76 persen. Sedangkan untuk progres konstruksi baru mencapai 16,1 persen.

Adapun untuk Seksi II Purwodadi-Lawang sepanjang 8 kilometer, saat ini pembebasan lahan sudah mencapai 79,41 persen dan pekerjaan konstruksi baru 3,72 persen.

Untuk Seksi III Lawang-Pakis sepanjang 7,5 kilometer, saat ini progres pembebasan lahan sudah 95,85 persen dan progres konstruksi 2,81 persen.

"Kami optimis di tahun depan kalau sesuai target ini, awal Triwulan IV untuk Seksi I-III sepanjang 30 kilometer bisa lebih cepat karena tanahnya sudah tersedia," kata dia.

Sementara Seksi IV Pakis I-Pakis II sepanjang 4,1 kilometer progres pembebasan lahannya baru mencapai 28,24 persen. Untuk Seksi V Pakis II-Malang sepanjang 3,1 kilometer, progres pembebasan lahannya baru 41,41 persen dan konstruksi 0,42 persen.

"Seksi IV dan V kami targetkan akhir tahun ini pengadaan tanah sudah selesai, sehingga target konstruksi dan pengoperasian bisa dilakukan pada akhir tahun 2018," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com