Bidik Mahasiswa, Pengembang Apartemen Gandeng ITB

Kompas.com - 12/10/2017, 20:55 WIB
PT Kalmar Jaya, pengembang Easton Park Residence, Jatinangor, Sumedang, menggandeng Koperasi Keluarga Pegawai (KKP) ITB untuk merangkul segmen mahasiswa di kawasan tersebut. LTFPT Kalmar Jaya, pengembang Easton Park Residence, Jatinangor, Sumedang, menggandeng Koperasi Keluarga Pegawai (KKP) ITB untuk merangkul segmen mahasiswa di kawasan tersebut.
EditorLatief

Bandung, Kompas Properti - Makin banyak pengembang properti membidik pasar mahasiswa untuk memasarkan proyek propertinya, terutama apartemen. Setelah di Depok, Serpong, Bogor, pengembang di sekitar kawasan Sumedang dan Bandung pun melakukan hal sama.

Itulah yang dilakukan PT Kalmar Jaya, pengembang Easton Park Residence, Jatinangor, Sumedang, yang menggandeng Koperasi Keluarga Pegawai (KKP) ITB untuk merangkul segmen mahasiswa di kawasan tersebut. Baca:Harga Apartemen Mahasiswa di Serpong Naik 30 Persen.

Dadang Tahya, Direktur Utama PT Kalmar Jaya, mengatakan, alasan utama adalahnya banyaknya mahasiswa yang jadi pasar utamanya setiap tahun. Setidaknya, setiap tahun ada 11.700-an mahasiswa baru yang menuntut ilmu di Jatinangor.

Baca: Harga Apartemen Mahasiswa di Depok Naik 15 Persen.

"Kami ingin membangun sinergi yang baik sekaligus memberi manfaat bagi semua pihak," ujar Dadang, Rabu (11/10/2017).

Dadang, menuturkan, empat tahun lalu unit harga Easton Park Residence Jatinangor masih Rp 160 juta unit. Saat ini sudah tembus menjadi Rp 320 juta per unit.

Bicara potensi, menurut Dadang, pihak Kalmar sendiri menjanjikan capital gain 10 persen per tahun bagi para investor yang membeli apartemen. Hunian vertikal yang konstruksinya telah rampung 100 persen dan beroperasi sejak 2015 itu memiliki 1.535 unit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Ketua KKP ITB Haryo Satrio Tomo mengatakan, kerja sama dengan Kalmar merupakan bagian dari pengubahan pada lini bisnis. Koperasi yang memiliki 3.000-an anggota ini ingin setara dengan koperasi swasta lainnya.

"Kami ingin mengubah pola bisnis. Biasanya layanan anggota itu kan simpan pinjam dan konsumsi, nah, sekarang masuk jasa dan produksi," tutur Haryo.

Iwan Risdianto, Vice President Coldwell Banker Property Connections Residential, yang menjadi konsultan properti Kalmar Jaya mengatakan di kawasan Jatinangor sendiri saat ini terdapat kampus Intitut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad), Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin), dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X