Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Tambahan Rp 475 Miliar, Ini Program Baru Kementerian PUPR

Kompas.com - 12/10/2017, 18:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan tambahan anggaran di dalam postur sementara Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (R-APBN) 2018 sebesar Rp 475 miliar.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, tambahan anggaran itu akan digunakan untuk membiayai dua program belanja prioritas 2018.

Pertama, program penyelenggaraan jalan pada Direktorat Jenderal Bina Marga sebesar Rp 275 miliar. Selanjutnya, program pembinaan dan pengembangan infrastruktur pemukiman pada Direktorat Jenderal Cipta Karya sebesar Rp 200 miliar.

"Tambahan ini boleh dicairkan setelah ada review BPKP sesuai RPJMN, sesuai prioritas dan kriteria yang ada," kata Basuki saat rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Kamis (12/10/2017).

Untuk program penyelenggaraan jalan, setidaknya ada empat kegiatan yang bakal mendapatkan alokasi anggaran tambahan, yaitu rekonstruksi jalan Simpang Zona Lima-Muara Sabak 2 di Jambi Rp 125 miliar.

Kemudian, pembangunan jalan Manado Outer Ring Road III di Sulawesi Utara Rp 25 miliar, pembangunan underpass Kaliurang di Yogyakarta sebesar Rp 65 miliar dan pembangunan jalan akses wisata Mandeh 2 di Sumatera Barat sebesar Rp 60 miliar.

"Pembangunan underpass Kaliurang yang telah menjadi sangat crowded dan memakan korban setiap harinya (yang) melitasi kampus di Yogyakarta," kata Basuki.

Sedangkan untuk program pembinaan dan pengembangan infrastruktur pemukiman, ada dua kegiatan utama yang bakal didanai, yaitu dukungan untuk Asian Games XVIII Tahun 2018 di Jakarta dan dukungan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Papua.

Adapun untuk kegiatan Asian Games 2018, tambahan anggaran diperuntukkan bagi perbaikan dua asrama Pelatnas Bulutangkis di Cipayung sebesar Rp 5 miliar, serta perbaikan hall pencak silat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Rp 20 miliar.

Sementara dukungan untuk PON XX yakni diperutukkann bagi pembangunan arena akuatik (Rp 64,6 miliar), ISTORA Papua Bangkit (Rp 48 miliar), velodrome (Rp 12,2 miliar), arena cricket (Rp 14,9 miliar), dan lapangan hockey (Rp 35 miliar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com