Kompas.com - 11/10/2017, 10:05 WIB
Rumah tapak murah yang diperuntukkan bagi MBR di Perumahan Pesona Bukit Batuah di Batu Ampar, Balikpapan Timur, Kalimantan Timur. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRRumah tapak murah yang diperuntukkan bagi MBR di Perumahan Pesona Bukit Batuah di Batu Ampar, Balikpapan Timur, Kalimantan Timur.
|
EditorHilda B Alexander

BALIKPAPAN, KompasPoperti - Perumahan Pesona Bukit Batuah di Kecamatan Balikpapan Utara di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, mulai ramai dihuni.

Perumahan ini dikenal juga sebagai proyek rumah murah dengan uang muka atau down payment  (DP) 1 persen. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikannya pada pertengahan Juli 2017 .

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini pertama kali saya masuk ke rumah ini. Baru saja serah terima kunci dan akan masuk rumah sekarang," kata Syifa, seorang warga Balikpapan, Selasa (10/10/2017).

Rumah yang Syifa beli ini berada di bagian belakang. Dia bisa memasuki rumah itu setelah satu tahun sebelumnya menanam uang muka.

"Menunggu satu tahun baru serah terima kunci ini. Tapi kondisi rumah masih 'jelek' ya mas. Kalau mau lihat rumah yang sudah jadi bagus, di bagian depan saja," kata Syifa.

Pembangunan rumah murah merupakan wujud dari Program Nasional Pembangunan Satu Juta Rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Karenanya, harga rumah ini mendapat subsidi pemerintah, baik melalui uang muka maupun selisih bunga cicilan.

Di Balikpapan, rencananya dibangun 12.000 unit di dua lokasi. Tahap awal, di Bukit Batuah sebanyak 4.000 unit. Luas bangunan sekitar 36 meter persegi dengan luas tapak tanah 70 meter persegi.

Ada pun denah rumah mencakup dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan sebuah ruang keluarga yang jadi satu dengan kamar tamu maupun dapur.

Dindingnya dari batako dengan tulang dinding dari kayu ulin yang tidak diplester, dengan atap seng. Sementara di bagian dalam tidak berplafon, lantai juga tidak berkeramik.

Namun demikian, jaringan listrik sudah terpasang, sementara air bersih dari PDAM belum masuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.