Kompas.com - 11/10/2017, 09:15 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Dua pengusaha swasta lokal disebut telah memenangkan lelang yang digelar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

Rencananya, proyek PLTMH itu dibangun di dua lokasi bendungan yaitu Bendungan Gerak Serayu di Banyumas dan Bendungan Jatibarang di Semarang.

"Sudah lelang dan sudah ada pemenangnya. Kemudian selanjutnya akan dilakukan kajian lebih serius," kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Imam Santoso di Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Meski demikian, Imam mengaku lupa saat ditanya siapakah pengusaha swasta yang memenangkan lelang tersebut.

Imam menjelaskan, proses lelang dilakukan setelah Kementerian PUPR mendapatkan izin dari Kementerian Keuangan untuk memanfaatkan aset negara. Adapun skema yang digunakan yaitu dengan Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha atau KPBU.

"(Potensi listriknya untuk) Jatibarang 1,5 megawatt, untuk Serayu 5 megawatt," kata dia.

Dalam waktu dekat, lelang serupa juga bakal digelar untuk 14 proyek bendungan lainnya. Proses lelang itu akan dilakukan secara bertahap.

"Saya target mungkin enam (sampai akhir tahun ini)," cetus Imam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.